BBJT Siapkan Penghargaan Bahasa Jadi Bergengsi Bagi Kabupaten/Kota

BBJT Siapkan Penghargaan Bahasa Jadi Bergengsi Bagi Kabupaten/Kota APRESIASI: Penerima Penghargaan Bahasa 2020 saat acara penyerahan di Favehotel, Selasa (17/11). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) bakal meningkatkan kualitas Penghargaan Bahasa. Apresiasi penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar ini diharapkan menjadi penghargaan berprestise bagi kabupaten/kota di Jatim.

Hal ini disampaikan Kepala BBJT Dr. Asrif, M.Hum. di sela penyerahan Penghargaan Bahasa 2020 kepada sembilan lembaga, di Favehotel Sidoarjo, Selasa (17/11). "Tahun-tahun depan, kami rencanakan penghargaan itu akan jadi penghargaan berprestise bagi kabupaten dan kota," cetus Asrif.

Rencananya, BBJT bakal menyusun ranking terhadap kabupaten dan kota yang berkomitmen memakai bahasa Indonesia secara baik dan benar. "Yang terbaik kita beri apresiasi tertinggi. Yang di bawah tidak perlu disebut, namun nanti ada urutan yang kita sampaikan," beber Asrif.

Upaya itu, kata Asrif diharapkan bisa mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan pemakaian bahasa Indonesia di ruang publik secara baik dan benar.

Tak hanya itu, BBJT juga akan memperluas calon penerima penghargaan kepada semua lembaga publik. Tidak hanya satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pemerintah daerah, namun juga lembaga TNI dan Polri. "Semua lembaga pemerintah, termasuk TNI dan Polri, akan menjadi bahan pemantauan evaluasi UU Nomor 24 Tahun 2009," urai Asrif.

Ditegaskan Asrif, pemberian Penghargaan Bahasa 2020 memang agenda rutin yang digelar BBJT sebagai implementasi atau evaluasi pelaksanaan UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO