Minggu, 07 Maret 2021 08:48

​Tak Masuk PPKM, Kota Blitar Tetap Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Selasa, 12 Januari 2021 15:37 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
​Tak Masuk PPKM, Kota Blitar Tetap Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat
Pembatasan kegiatan di Kota Blitar, petugas gabungan kembali intensifkan operasi yustisi. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Meski tidak masuk dalam 11 daerah di Provinsi Jawa Timur yang diwajibkan memberlakukan PPKM, namun Kota Blitar tetap melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Pembatasan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Blitar Nomor 1 Tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Ada sembilan poin dalam surat edaran tersebut, di antaranya pemberlakuan work from home (WFH) dan work from office (WFO). Kemudian, pemberlakuan jam operasional restoran/rumah makan, restoran milik hotel, karaoke, angkringan, dan pedagang kaki lima.

Untuk layanan makan di tempat dibatasi sebanyak 25 persen dari kapasitas dengan pemberlakuan jam operasional mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Untuk layanan pesan antar atau dibawa pulang dilakukan sesuai dengan jam operasional pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Selain itu, jam operasional untuk pusat perbelanjaan, mal, toko modern juga dibatasi mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Sementara sektor perhotelan, pasar tradisional, dan pemenuhan kebutuhan masyarakat lainnya tetap dapat beroperasi penuh dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan masyarakat yang dilaksanakan di fasilitas umum seperti taman, tempat wisata, gedung, sarana olahraga, serta kegiatan sosial budaya seperti pagelaran seni, resepsi, dan yang lainnya juga diberhentikan untuk sementara.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar Hakim Sisworo mengatakan, meskipun Kota Blitar berada di zona oranye, namun data menyebutkan bahwa ada tambahan kasus yang cukup banyak setiap harinya di Kota Blitar. Data situasi Covid-19 di Kota Blitar hingga kini mencatat total ada 1.008 kasus positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, 98 di antaranya merupakan kasus aktif, 42 meninggal dunia, dan sisanya sudah sembuh. Data ini belum termasuk pasien suspect dan kontak erat yang masih menunggu hasil swab test.

"Inilah kondisi di lapangan. Apalagi lokasi geografis Kota Blitar berada di tengah wilayah Kabupaten Blitar yang menerapkan PPKM karena masuk kriteria sebagai zona merah. Ditambah lagi fasilitas kesehatan kita saat ini semua sudah overload, semua penuh. Jadi kita harus melakukan upaya-upaya untuk memberi perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Blitar," tegas Hakim, Selasa (12/1/2021).

Dia berharap masyarakat mematuhi aturan yang tertuang dalam SE tersebut untuk mendorong dan melaksanakan pencegahan dan penanganan terkait penyebaran Covid-19.

"Dalam SE itu juga dijelaskan ada sanksi sesuai aturan jika ada yang melanggar. Kemudian kami bersama dengan petugas gabungan juga akan terus melakukan operasi yustisi," pungkasnya. (ina/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...