Relief Pandawa Ditemukan di Ponorogo

Relief Pandawa Ditemukan di Ponorogo Aris Yudi Santoso, anggota Tim Cagar Budaya melihat kondisi relief. Foto:nur prihantono/BangsaOnline.com

PONOROGO (BangsaOnline) - Sebuah Batu berukir relief wayang yang diduga sebagai benda cagar budaya, yang diperkirakan peninggalan peradaban Mataram Hindu, sekitar abad 9 - 10 Masehi, ditemukan warga di Dusun Pelem Gurih, Desa Jenagan, Kec Jenangan Kabupaten Ponorogo.

Kepala Desa Jenangan Toni Ahmadi mengatakan, batu ini sempat dijadikan punden yang disakralkan warga setempat. Namun sempat menghilang cukup lama. Batu tersebut ditemukan kembali ketika ada kerja bakti seminggu lalu untuk pembuatan jalan dengan kondisi tertutup semak belukar.

"Temuan akhirnya segera dilaporkan ke dinas terkait,” terangya kepada BangsaOnline.com.

Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah Raga dan Pemerhati benda Cagar Budaya mendatangi lokasi guna melakukan peninjauan untuk memastikan kebenaran laporan warga.

Kasi Sejarah, Budaya dan Nilai-nilai Tradisional Dinbudparpora Kabupaten Ponorogo Drs Sugeng Priatmoko memimpin langsung peninjauan. Dia mengatakan, pihaknya masih sebatas melakukan peninjauan, terkait penemuan obyek yang diduga benda cagar budaya tersebut.

”Kalau ada kesepakatan dari pihak Desa akan ada upaya penyelamatan dengan memindahkanya ke Balai Penyelamatan Kab Ponorogo di Jalan Ukel, Kelurahan Kertosari, Ponorogo,” kata Sugeng Priatmoko.

Sugeng juga akan segera melaporkan kepada pihak BPCB Trowulan, agar segera menurunkan arkeolog untuk melakukan penilitian lebih lanjut.

"Penemuan ini luar biasa. Bisa jadi relief wayang yang diukir di atas batu ini satu-satunya yang pernah ditemukan di Indonesia. Karena selama ini kami belum pernah menemukan atau mendengar ada penemuan seperti ini," ujar Aris Yudi Santoso dari Tim Cagar Budaya Ponorogo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO