Senin, 08 Maret 2021 13:59

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Kunjungi Wisata Alam Setigi Gresik

Kamis, 14 Januari 2021 20:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Kunjungi Wisata Alam Setigi Gresik
Kades Sekapuk Abdul Halim (kiri) saat mengantar Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Hilmar Farid dan rombongan melihat Wisata Alam Setigi. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktorat Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kemendikbud RI, Hilmar Farid melakukan kunjungan ke Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/1/21).

Dirjen bersama rombongan disambut oleh Kades Sekapuk Abdul Halim, kemudian diantar melihat Wisata Alam Setigi sekaligus berkunjung ke Wisata Agro Kebun Pak Inggih yang dikelola oleh Bumdes Sekapuk.

Hilmar Farid menyebut Desa Sekapuk merupakan role model perubahan kebudayaan masyarakat.

"Yang paling menarik di sini adalah bukan hanya tampilan fisik saja, saya menyapa langsung masyarakat. Dan ini riil, di sini warganya ada perubahan mindset untuk maju. Hal ini adalah perubahan budaya yang sangat penting," kata Hilmar.

Dirjen menyatakan, Desa Sekapuk telah berhasil berubah dari desa miskin menjadi desa kaya yang berpenghasilan miliaran rupiah setahun dengan mengajak semua lapisan masyarakat untuk berubah dan bekerja sama.

Karena itu, ke depan pihaknya bakal memberikan laporan kunjungan ke Mendikbud RI Nadiem Makarim terkait pola pendidikan masyarakat serta output adanya pembangunan manusia dan kebudayaan.

"Hasil kunjungan ini akan kami sampaikan ke Mas Menteri terkait semua pengalaman Pak Kades ini yang perlu diketahui publik. Bukan cuma publikasi, tapi menularkan kebiasaan dan semangat ini ke desa lain di seluruh tanah air," jelasnya.

Sementara Kades Sekapuk Abdul Halim menyatakan rasa salut dan kagum kepada sosok pejabat yang tidak sekadar obral janji, tetapi benar-benar melakukan tindakan nyata dengan berkunjung ke Desa Sekapuk. Bahkan menurut Halim, dirjen juga menyapa langsung warga desa serta melihat langsung Wisata Alam Setigi dan Agro Wisata Kebun Pak Inggih. 

"Monggo Pak Dirjen, sampaikan ke Mas Menteri Nadiem Makarim, beginilah semangat kami dalam melaksanakan pembangunan manusia dan kebudayaan. Bagi kami, membangun desa sama dengan membangun bangsa. Bagi kami, membangun bangsa bisa dimulai dari membangun desa," pungkas Halim. (hud/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 08 Maret 2021 05:25 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Politik dan bisnis sama kejam. Itulah persepsi yang berkembang. Tapi Elon Musk – pemilik Tesla - orang terkaya nomor 1 di dunia - dan Jim Farley – pemilik Ford – tak saling kudeta. Justru saling respek.Padahal mer...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...