Tidak Ada Lagi RT Zona Merah, Gubernur Khofifah: PPKM Mikro Efektif Turunkan Penyebaran Covid-19

Tidak Ada Lagi RT Zona Merah, Gubernur Khofifah: PPKM Mikro Efektif Turunkan Penyebaran Covid-19 Gubernur Khofifah saat meninjau sejumlah lokasi PPKM Mikro di wilayah Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tahap pertama di Jatim telah dimulai sejak tanggal 9 Februari dan akan berakhir pada 22 Februari 2021.

Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa menyampaikan bahwa intervensi PPKM Mikro sangat efektif untuk menurunkan penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

"Hari ini kita telah melakukan evaluasi dari PPKM, baik itu PPKM tahap pertama maupun kedua, maupun PPKM Mikro. Dari data yang ada kami melihat bahwa terdapat banyak hasil yang menggembirakan dari berbagai indikator epidemiologis," ungkap Gubernur , saat berada di Grahadi, Sabtu (20/2).

menjelaskan, selama pelaksanaan PPKM mikro, hasil signifikan tampak pada penurunan jumlah pasien COVID-19 yang harus dirawat di Ruang Isolasi Biasa maupun ICU. Selama PPKM tahap 1 dan 2 serta PPKM Mikro, BOR Isolasi biasa di Jatim telah berhasil turun dari 79% menjadi 46%. BOR ICU juga telah berhasil turun dari 72% menjadi 57%. 

"Artinya, keterisian rumah sakit di Jawa Timur sudah sesuai syarat dari WHO yakni di bawah 60%," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan , sebelum dilaksanakan PPKM Mikro, terdapat 210 RT zona merah di Jatim sesuai dengan kriteria Gugus Tugas COVID-19 Nasional. Di mana RT Zona merah adalah RT dengan 10 warga yang menderita positif Covid-19 dalam 7 hari terakhir. Di akhir PPKM Mikro ini, RT Zona merah sudah tidak ada lagi alias nihil.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO