Selasa, 22 Juni 2021 01:54

Tuntut Kompensasi, Warga Sembayat Demo Proyek Pipanisasi PDAM Giri Tirta

Senin, 22 Februari 2021 14:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Tuntut Kompensasi, Warga Sembayat Demo Proyek Pipanisasi PDAM Giri Tirta
Warga memasang spanduk bertuliskan tuntutan di lokasi proyek pipanisasi milik PDAM Giri Tirta di Desa Sembayat. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menggelar aksi demo di area proyek pemasangan pipa (pipanisasi) milik PDAM Giri Tirta Gresik, tepatnya di sebelah utara Jembatan Tanggok, Senin (22/2/2021).

Para pendemo meminta agar proyek pipanisasi dihentikan, lantaran belum adanya sosialisasi secara merata. Mereka menuding, pihak pelaksana proyek hanya melakukan sosialisasi terhadap segelintir orang yang bisa dikondisikan.

"Ini bentuk kekecewaan masyarakat terkait sistem sosialisasi. Karena sosialisasi di Sembayat itu seakan kurang transparan. Masyarakat sudah merapat ke Pak Lurah (Kades) untuk mengambil jalan tengah," kata korlap aksi, Ali Mukhtar.

Pria yang biasa dipanggil Cak Tar ini menegaskan, sejumlah warga sudah dua kali menemui Kepala Desa Sembayat untuk meminta diadakan sosialisasi ulang. Hanya saja, permintaan itu terkesan diabaikan oleh pihak pelaksana proyek.

BACA JUGA : 

Dirut Perumda Giri Tirta: Proyek Pipanisasi SPAM BGS Tanggung Jawab Kontraktor Pelaksana

Kembali Terjadi Pergolakan, Pipanisasi Perumda Giri Tirta di Desa Sembayat Dihentikan Sementara

Tiga Dirut BUMD Pemkab Gresik Kompak Majukan Perusahaan, Berikut Inovasinya

Fajar: Jika Terbukti Perumahan Dakota City Berdiri di RTH, Maka Potensi Perbuatan Melawan Hukum

"Aspirasi masyarakat sudah disampaikan melalui Pak Lurah, diabaikan oleh pengembang (pelaksana proyek). Ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan. Baik soal dampak lingkungan maupun sosial," jelasnya.

Ia khawatir jika proyek pipanisasi tersebut bisa berdampak pada penurunan tanah, kerusakan selokan air, dan menyebabkan bangunan rumah warga retak. Sehingga perlu ada kesepakatan secara tertulis.

"Bentuk pertanggungjawaban dari pelaksana terhadap masyarakat itu seperti apa. Itu yang kami pertanyakan. Oleh karena itu, perlu ada kompensasi dan sosialisasi ulang. Kalau tidak, kami minta proyek dihentikan sementara," pungkasnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Sembayat Amin mengatakan, jika sosialisasi proyek pipanisasi PDAM yang melintasi wilayah Desa Sembayat telah dilaksanakan sebanyak 2 kali. Sosialisasi itu juga menghadirkan pihak PPKT, PDAM, dan masyarakat RT19 A/B.

"Kami dari pihak desa hanya memfasilitasi. Sebenarnya sosialisasi itu sudah dilaksanakan dua kali. Dan permintaan untuk dilakukan sosialisasi ulang juga sudah kami sampaikan ke pihak pelaksana proyek," ungkap kades.

Sementara Nano selaku Humas PT Gemilang (pelaksana proyek pipanisasi PDAM Giri Tirta) mengatakan akan menyampaikan permintaan sosialisasi ulang tersebut kepada pihak PDAM Giri Tirta. Sebab, kata dia, sosialisasi tidak bisa dilakukan secara mendadak.

"Kami hanya sebagai pelaksana (proyek pipanisasi). Untuk sosialisasi itu kewenangan PDAM. Sehingga kami perlu koordinasi terlebih dahulu. Karena pelaksana itu hanya melaksanakan pekerjaan yang ada," kata Nano.

Sekadar diketahui, proyek pipanisasi PDAM Giri Tirta Gresik ini dilakukan untuk pemanfaatan air baku di Bendung Gerak Sembayat (BGS) Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, guna mencukupi kebutuhan pelanggan.

Dari BGS itu, PDAM sedikitnya bisa menambah kapasitas produksi air untuk pelanggan sebenara 1.000 liter per detik. (hud/rev)

Jambret Hp di Pasuruan Babak Belur Dihakimi Massa
Senin, 21 Juni 2021 23:15 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaku jambret seorang ibu-ibu di Kota Pasuruan, Jawa Timur, babak belur dihajar massa pada Sabtu (19/06/2021) malam kemarin. Seperti inilah rekaman video amatir milik salah satu warga, saat pelaku jambret berinisial...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk transplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hossein...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...