Kamis, 25 Februari 2021 20:02

Datangi Kejari Gresik, Tim Kuasa Hukum Ajukan Tahanan Kota untuk Camat Duduksampeyan Nonaktif

Selasa, 23 Februari 2021 19:44 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Datangi Kejari Gresik, Tim Kuasa Hukum Ajukan Tahanan Kota untuk Camat Duduksampeyan Nonaktif
Suropadi, Camat Duduksampeyan (rompi merah) saat akan dikirim jaksa ke Lapas Kelas II Banjarsari. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kantor Hukum Fajar Trilaksana (FT) selaku Tim Kuasa Hukum Camat Duduksampeyan Nonaktif Suropadi mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Selasa (23/2/2021). Mereka mengajukan permohonan pengalihan status tahanan terhadap kliennya.

"Kedatangan kami ini untuk permohonan pengalihan status tahanan, dari rumah tahanan (rutan) ke tahanan kota. Hal ini dilakukan dengan alasan, klien kami Suropadi saat ini masih aktif sebagai camat, ASN, dan sebagai abdi negara untuk melayani masyarakat,” ujar Andi Fajar Yulianto, S.H., C.TL., Ketua Tim Kuasa Hukum Camat Duduksampeyan Nonaktif Suropadi kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (23/2/2021) malam.

Menurutnya, permohonan ini merupakan permintaan dari Suropadi dan sebagai penjamin adalah istri. "Jadi, permohonan pengalihan tahanan merupakan hak dari tersangka. Untuk itu, kami selaku kuasa hukumnya memberikan surat resmi kepada kejaksaan," katanya.

"Harapan kami, kejaksaan bisa mempertimbangkan permohonan kami, karena beliaunya saat ini camat aktif dan tenaganya dibutuhkan masyarakat Duduksampeyan," sambungnya.

BACA JUGA: Kejari Gresik Tahan Camat Duduksampeyan di Lapas Banjarsari

Sementara itu, Kasi Pidsus Kejari Gresik Dymas Adji Wibowo membenarkan bahwa Tim Kuasa Hukum Camat Duduksampeyan Nonaktif Suropadi telah mengajukan permohonan pengalihan tahanan dari tahanan rutan ke tahanan kota.

"Atas permohonan pengalihan penahanan itu akan kami pelajari dan kami telaah. Disetujui atau tidak kami akan melakukan rapat bersama tim penyidik. Semua keputusan ada di tangan pimpinan,” katanya.

BACA JUGA: Camat Duduksampayen Ditahan, Camat Cerme Ditunjuk Jadi Plt

Seperti diberitakan sebelumnya, Suropadi ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi anggaran Kecamatan Duduksampeyan tahun 2017, 2018, dan 2019. Tidak tanggung-tanggung, dari hasil penghitungan audit yang dilakukan inspektorat, kerugian negara mencapai Rp1 miliar. (hud/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Kamis, 25 Februari 2021 07:52 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dahlan Iskan, wartawan kondang ini memang punya wawasan luas tentang ekonomi. Maklum, ia punya background sebagai pengusaha sukses. Bahkan mantan menteri BUMN. Maka ketika menulis tentang revaluasi aset negara sangat...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...