Selasa, 22 Juni 2021 03:34

Harga Melambung Tinggi, Bupati Kediri Ikut Jualan Cabai

Jumat, 12 Maret 2021 12:56 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Harga Melambung Tinggi, Bupati Kediri Ikut Jualan Cabai
Mas Bup Dhito ikut melayani pembeli cabai saat operasi pasar di halaman Dinkop dan UMKM. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ikut melayani pembeli cabai, saat digelar operasi pasar oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri di Halaman Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kediri, Jumat (12/3) pagi.

Mas Bup Dhito, demikian sapaan akrab bupati termuda se-Indonesia itu, dengan telaten melayani pembeli cabai yang untuk sementara dikhususkan pelaku UMKM dan pelaku usaha lain karena paling terkena dampak melambungnya harga cabai. Diketahui, saat ini harga cabai tembus Rp 125 ribu/kg.

Mas Bup Dhito menjelaskan, kegiatan operasi pasar cabai perdana ini bertujuan untuk menyelamatkan pedagang dan pelaku UMKM yang terdampak dengan kenaikan harga cabai. Operasi pasar ini tentunya tidak mungkin bisa menekan harga cabai yang kemungkinan masih ada tren kenaikan sampai bulan April 2021 nanti.

"Operasi pasar cabai ini digelar dengan tujuan agar mereka para pedagang makanan dan pelaku UMKM masih tetap bisa berjualan dan mendapatkan keuntungan," ujar Mas Bup Dhito, Jum'at (12/3).

BACA JUGA : 

Pesepeda Asal Blitar Meninggal Saat Makan Nasi Pecel di Wates Kediri

Hujan dan Angin Landa Kediri, Pohon Trembesi Besar Tumbang Timpa Tiga Warung

Dapat Banyak Laporan Masyarakat, Mas Bup Dhito Larang Pungli di Objek Wisata Kediri

Tak Alami Menstruasi, Ani Chasanah Minta PN Kediri Ganti Statusnya Jadi Lelaki Tulen

Mas Bup Dhito mengungkapkan, dalam operasi pasar ini pihaknya menjual cabai kepada masyarakat dengan harga Rp 50 ribu per kilogram. Dengan demikian, ada selisih harga Rp 40-50 ribu per kilogram dibanding harga pasaran.

"Operasi pasar kali ini, sistemnya adalah satu hari sebelum operasi kita bagikan kupon kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM dan pedagang serta warung untuk bisa mendapat harga cabai yang murah. Masyarakat umum kita batasi maksimal bisa membeli cabai 1 kilogram dengan harga Rp 50 ribu dan untuk pelaku UMKM kalau kebutuhan urgent sekali bisa kita berikan 8 kilogram," terang Mas Bup Dhito.

Menurut Mas Bup Dhito, pihaknya juga sudah mengantisipasi agar operasi pasar ini tidak diikuti tengkulak atau pedagang lain yang bertujuan menjual kembali cabai yang dibeli tersebut.

"Untuk pasokan cabai operasi pasar kali ini dengan mendatangkan cabai dari petani kita sendiri, dari wilayah Kecamatan Puncu dan Kunjang," pungkas Mas Bup Dhito.

Sementara itu, Siti Fatimah, warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, mengaku senang dengan adanya operasi pasar cabai ini. Apalagi dengan harga hanya Rp 50 ribu per kg.

"Saya harap operasi pasar cabai ini tidak sekali ini saja. Bila perlu dilakukan setiap hari, agar masyarakat khususnya pelaku UMKM seperti saya ini bisa terbantu," kata Siti yang mengaku punya usaha UMKM membuat sambel pecel ini. (adv/kominfo)

Jambret Hp di Pasuruan Babak Belur Dihakimi Massa
Senin, 21 Juni 2021 23:15 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaku jambret seorang ibu-ibu di Kota Pasuruan, Jawa Timur, babak belur dihajar massa pada Sabtu (19/06/2021) malam kemarin. Seperti inilah rekaman video amatir milik salah satu warga, saat pelaku jambret berinisial...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Senin, 21 Juni 2021 06:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski diblokade oleh Amerika Serikat (AS), ternyata Iran tetap berkembang. Bahkan ilmu kedokteran di negeri para mullah itu berkembang sangat dahsyat. Termasuk transplantasi hati. Dokternya, Dr Ali Malek Hossein...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...