Sabtu, 08 Mei 2021 19:42

Diduga Ada Warga Kena Chikungunya, BHS Langsung Gelar Fogging di Penambangan Balongbendo

Jumat, 12 Maret 2021 23:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Musta'in
Diduga Ada Warga Kena Chikungunya, BHS Langsung Gelar Fogging di Penambangan Balongbendo
SIMBOLIS: BHS saat baksos fogging di Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Jumat (12/3/2021). foto: MUSTA'IN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) menggelar baksos fogging (pengasapan) di Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Jumat (12/3/2021). 

Hal itu dilakukan usai adanya informasi sejumlah warga Penambangan jatuh sakit diduga terkena penyakit chikungunya.

Kata BHS, begitu mendapat kabar tersebut, dirinya langsung tanggap dan mengirimkan tim relawan BHS untuk melakukan fogging di Desa Penambangan Balongbendo tersebut.

"Tim melakukan penyemprotan (fogging) di beberapa titik di Desa Penambangan. Semoga tidak menyebar ke desa-desa lain," cetus BHS saat memantau relawan BHS melakukan fogging di RT 5/RW 1 Desa Penambangan.

BACA JUGA : 

Dharma Lautan Utama Distribusikan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Bumi di Lumajang

Beras Sidoarjo Kalah Bersaing, BHS Dorong Modernisasi Mesin Penggilingan

Cegah Kecelakaan Maut, BHS Minta Semua Perlintasan KA di Sidoarjo Dilengkapi Sirine

Jelang Lebaran, BHS Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Harga 11 Komoditas Pangan

Ditegaskan BHS, baksos fogging yang dilakukannya ini, karena dia mendengar ada musibah yang dialami sejumlah warga Desa Penambangan yang menyangkut masalah kesehatan.

Dan bagi BHS, kesehatan merupakan segala-galanya karena berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM) yang merupakan aset terbesar bagi sebuah wilayah, termasuk Kabupaten Sidoarjo. "Jadi ini kita harus lindungi," tandas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

BHS menambahkan, pihaknya juga berharap Pemkab Sidoarjo melalui kecamatan dan puskesmas setempat untuk menindaklanjuti permasalahan yang menimpa sejumlah warga Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo.

"Kami berharap pemkab untuk segera memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan nyamuk sehingga masyarakat tidak menjadi resah," harap owner PT Dharma Lautan Utama (DLU) Grup ini.

Kepala Desa (Kades) Penambangan Helmi Firmansyah mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada BHS dan timnya yang cepat tanggap membantu masyarakat di Desa Penambangan dengan menggelar fogging.

Helmi menjelaskan, ada sekitar 50 warganya yang mengalami sakit diduga akibat gigitan nyamuk. Dia mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo melalui surat resmi dan ditembuskan ke Kecamatan Balongbendo. Hal itu karena perlu penanganan cepat.

"Dan alhamdulillah dari tim BHS dan Pak Bambang (BHS) membantu dengan bakti sosial ini untuk menangani penyakit akibat nyamuk ini," urai Helmi usai bersama BHS bertemu beberapa warga Penambangan yang mengalami keluhan sakit diduga akibat gigitan nyamuk.

Saat ditanya apakah keluhan warga itu termasuk chikungunya, Helmi belum bisa memastikannya. Hanya saja jika diperhatikan secara seksama dengan analisa non medis, keluhan yang diderita sejumlah warganya salah satunya akibat banyaknya nyamuk di lingkungan rumah warga.

Helmi menambahkan, sejumlah warga yang mengeluh sakit itu terjadi sejak sebelum dia dilantik sebagai kades pada 3 Maret 2021 lalu. Dan jika ditotal ada sekitar 50 orang yang mengalami sakit. "Mereka dari enam RT. Pertama terjadi di RT 5 terus RT 6, kemudian merambah ke RT 1, 2, 3 dan 4," jlentreh Helmi.

Terpisah, Siti Nurokyati (50), warga RT 4/RW 1 Desa Penambangan bercerita, sebulan lalu dia mengalami demam. Dia juga merasa linu di persendian tubuhnya. Di kakinya juga muncul bintik-bintik merah. "Rasanya badan sakit semua," cetus Nurokyati yang mengalami sakit selama dua hari dan sembuh setelah berobat ke dokter. (sta/ian)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...