Rabu, 21 April 2021 11:35

Lestarikan Budaya di Masa Pandemi, Sanggar Tari Pawon Trenggalek Gelar Ujian Tari Virtual

Minggu, 28 Maret 2021 18:36 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Lestarikan Budaya di Masa Pandemi, Sanggar Tari Pawon Trenggalek Gelar Ujian Tari Virtual
Ujian Tari Sumilak yang digelar secara virtual di Padepokan Sanggar Tari Pawon. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka melestarikan budaya bangsa salah satunya berupa seni tari, Sanggar Tari Pawon Trenggalek menggelar ujian Tari Sumilak secara virtual di Padepokan Sanggar Tari Pawon, Jalan Kanjeng Jimat Gang Mawar 4A Ndosari RT 25/RW 08 Kelurahan Surodakan, Kecamatan Trenggalek, Minggu (28/3).

Ketua Sanggar Tari Pawon, Hantin Malini Dwi Tantri mengatakan, Tari Sumilak merupakan tari kontemporer kreasi baru yang diciptakan dengan mengadopsi budaya lokal dan kondisi alam Kabupaten Trenggalek.

"Jadi, Tari Sumilak ini menggambarkan upaya menolak wabah penyakit yang terjadi saat ini, yaitu Covid-19, agar segera hilang dari Bumi Trenggalek," ungkapnya.

Hantin menceritakan, munculnya ide Tari Sumilak ini berasal dari ayahnya yang bernama Hanarko yang merasa prihatin atas kondisi merebaknya wabah Covid-19 di seluruh dunia yang pada gilirannya juga melanda Kabupaten Trenggalek dalam satu tahun terakhir ini.

BACA JUGA : 

Peringati HUT ke-17, Sanggar Daun Pamerkan 87 Karya Seni Siswa di Icon Mall

​Lestarikan Budaya, Kodim Tuban Gelar Tari Kreasi Tingkat SMA

20 Perupa Perempuan Jatim Ikuti Pameran Seni Rupa

​Inilah Coret-coret Buku Pelajaran Paling Mengesankan

Gerakan Tari Sumilak diciptakan oleh dirinya sendiri, sedangkan untuk aransemen musik digarap oleh Yasin yang tak lain adalah suaminya.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, kata Hantin, ujian tari digelar tiap tahun di ruang terbuka dan diikuti oleh ratusan siswa maupun siswi Sanggar Tari Pawon. Untuk tahun ini, jumlah peserta yang mengikuti ujian tari mengalami penurunan yakni 64 orang.

Tim juri yang dilibatkan dalam ujian Tari Sumilak kali adalah budayawan asal Trenggalek yakni Mubani, mantan guru kesenian di SMPN 3 Trenggalek, Sutiyono yang saat ini masih aktif sebagai guru kesenian di SMPN 3, serta Siti Nur Rokhmah yang merupakan guru kesenian SMKN1 Pogalan Kabupaten Trenggalek.

Penilaian ujian Tari Sumilak ini dibagi dalam 7 kategori yakni kategori A kelas TK A, kategori B kelas TK B, kategori kelas 1-3 SD, Kategori B kelas 2-4 SD, kategori B kelas 5-SMP, kategori C kelas 6-8 SMP, dan kategori C SMP-SMA.

"Jadi, masing-masing kategori kita ambil juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3. Selain itu, para juara itu juga kita berikan sertifikat dan piala," terangnya.

Hadir pula pada kesempatan itu, Winardi, Kasie Pelatihan dan Pengembangan Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek.nWinardi berharap agar seni tari yang dikembangkan oleh Sanggar Tari Pawon hendaknya terus ditingkatkan dari sisi kualitasnya. (man/ian)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...