Musrenbang, Pemkab Sumenep Tetapkan 7 Prioritas Pembangunan

Musrenbang, Pemkab Sumenep Tetapkan 7 Prioritas Pembangunan Musrenbang Kabupaten Sumenep. (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2021 untuk penyusunan rancangan RKPD tahun 2022 diharapkan melahirkan program atau kegiatan yang mampu menjawab permasalahan dan tantangan saat ini dan masa mendatang.

Program prioritas antara lain mengendalikan pandemi Covid-19 agar Kabupaten Sumenep kembali pada zona hijau. Selain itu menggerakkan perputaran ekonomi masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

Hal ini dikatakan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H., M.H., pada pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2021 dalam rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Kantor Bupati Sumenep, Senin (29/3/2021).

"Oleh karenanya, seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan aparatur sipil negara (ASN) bersama-sama memberikan sumbangan pemikiran yang konstruktif dan inovatif dalam menyusun program pembangunan," ungkapnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2022 lebih terarah, terukur, dan akuntabel, serta bisa menjawab isu-isu strategis yang ada di Kabupaten Sumenep. Untuk mewujudkan itu, harus ada sinergisitas antar-OPD dalam penyusunan program pembangunan tanpa ada yang merasa lebih diunggulkan. Pembangunan Kabupaten Sumenep pada tahun 2022 adalah untuk meningkatkan produktivitas masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi dan derajat kesehatan masyarakat.

"Pemerintah menetapkan tujuh prioritas pembangunan sebagai bentuk implementasi dari tema RKPD Kabupaten Sumenep tahun 2022, yaitu penguatan UMKM dan industri olahan sebagai daya tarik pariwisata dan investasi daerah untuk menyerap tenaga kerja dan mengakselerasi pertumbuhan," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO