Selasa, 20 April 2021 14:02

Kunjungi Gapoktan Mulyo Asri, Gubernur Khofifah Apresiasi Petani Ngawi

Senin, 05 April 2021 20:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Kunjungi Gapoktan Mulyo Asri, Gubernur Khofifah Apresiasi Petani Ngawi
Gubernur Jatim Khofifah saat kunjungan kerja di Gapoktan Mulyo Asri, Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengadakan kunjungan ke Gapoktan Mulyo Asri yang berada di Desa Karangasri, Kecamatan Ngawi Kota, Senin (05/04).

Orang nomor satu di Pemprov Jawa Timur tersebut disambut oleh Suparno, Ketua Gapoktan Mulyo Asri di gudang penyimpanan gabah. Khofifah langsung melihat secara dekat tumpukan gabah kering dan sistem pengeringan gabah (driyer) yang ada di gudang Gapoktan tersebut.

Dalam konferensi persnya, Gubernur Khofifah memberikan apresiasi pada petani Ngawi. Hal tersebut terkait dengan luasan lahan pertanian di Ngawi yang merupakan nomor 3 di Jawa Timur, akan tetapi untuk produksi beras berada di urutan nomor 2.

"Produksi beras Jawa Timur merupakan tertinggi di tingkat nasional dan salah satunya dari Ngawi. Terima kasih untuk petani Ngawi," jelas Khofifah di depan awak media.

BACA JUGA : 

Tegaskan Larangan Jebakan Tikus Beraliran Listrik, Kapolres Ngawi Ajak Petani Gropyokan

Ramadan Spesial, Gubernur Khofifah Beri Diskon Pajak Mobil dan Motor, Ada Hadiah Umrahnya

Gubernur Khofifah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Korban Gempa di Jogomulyan

Terima Bantuan dari Pemprov Jateng dan DIY, Khofifah Percepat Penanganan Daerah Terdampak Bencana

Ia sengaja mengunjungi beberapa titik daerah yang dikenal sebagai penyuplai beras. Hal tersebut terkait dengan menjaga harga sembako menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Sebelum di Ngawi, ia menyempatkan berkunjung ke Magetan dan melihat secara langsung para petani yang sedang memanen padi.

"Sebelum di Ngawi, saya di Magetan dan melihat masih banyak para petani yang memanen secara manual. Ini sangat mempengaruhi penyerapan gabah dari petani ke Bulog," terangnya.

Sebab, dari Bulog melakukan pengetatan penyerapan gabah dari petani. Gabah hasil panen harus memenuhi persyaratan dan kriteria yang telah ditentukan oleh Bulog. Dengan adanya persyaratan tersebut, Khofifah mengajak para petani Ngawi untuk berbenah, agar gabah dari petani dapat terserap oleh Bulog. Dengan diterimanya gabah dari petani ke Bulog yang berarti untuk kestabilan harga dapat terkontrol.

"Yang pasti, untuk beras sampai hari raya kondisinya surplus, berarti harga akan normal," urainya.

Sebelum Ramadan tiba, Khofifah akan mengumpulkan perwakilan dari gapoktan yang selama ini merupakan penyuplai beras terbesar di Jawa Timur.

"Terkait dengan menjaga kestabilan harga sembako saat menjelang bulan Ramadan tiba, sampai saat ini harga sembako masih stabil. Hanya cabe yang agak sedikit masih tinggi," pungkasnya. (nal/ian)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...