Petakan Potensi SDA, Pemkot Probolinggo Gelar FGD

Petakan Potensi SDA, Pemkot Probolinggo Gelar FGD FGD (Focus Group Discussion) di Gedung Paseban Sena, Senin (12/4/2021). (foto: ist)

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pengelolaan terhadap sumber daya alam (SDA) sangat penting dilakukan di wilayah . Hal ini disampaikan saat menghadiri giat FGD (Focus Group Discussion) di Gedung Paseban Sena, Senin (12/4/2021).

"Pemetaan terhadap potensi SDA itu sangat penting dilakukan mengingat terjadinya perubahan iklim," katanya.

Dengan terjadinya perubahan iklim tersebut, tentu akan berpengaruh terhadap penurunan kualitas dan kuantitas SDA. Seperti bertambahnya jumlah penduduk serta pergeseran orientasi mata pencaharian penduduk.

"Melihat kondisi ini, FGD akan menjadi dasar terhadap adanya perencanaan, sehingga pengelolaan SDA di lebih fokus dan terarah," ungkap Wali Kota Habib Hadi.

Menurut dia, pengelolaan SDA itu ada yang dapat diperbaharui dan ada tidak bisa diperbaharui. "SDA yang tidak dapat diperbaharui itu sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukannya. Seperti minyak bumi dan bahan tambang lainnya," katanya.

Sekadar diketahui, merupakan dataran rendah dengan ketinggian 4-36 meter di atas permukaan laut, terletak pada posisi 7°43’41’’-7°49’04’’ Lintang Selatan dan 113°10’ - 113°15’ Bujur Timur. Luas wilayah Kota Probolinggo berupa daratan seluas 56,667 km2.

"Jika dilihat dari pemetaan itu potensi SDA sangat besar. Yakni terdiri dari sektor perikanan dan sektor pertanian," ungkapnya.

Sementara itu, giat FGD itu tak hanya dihadiri oleh Wali , namun juga dihadiri pejabat teras Pemkot dan Lurah se-. (ugi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO