Minggu, 16 Mei 2021 10:52

Kapolri Resmikan Aplikasi SIM Sinar, Santri di Jombang Jajal Perpanjang SIM, Cukup Hitungan Menit

Selasa, 13 April 2021 21:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
Kapolri Resmikan Aplikasi SIM Sinar, Santri di Jombang Jajal Perpanjang SIM, Cukup Hitungan Menit
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat launching SIM Sinar secara virtual.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hari ini (Selasa, 13/4/2021) resmi meluncurkan aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar).

Aplikasi untuk pengurusan surat izin mengemudi (SIM) secara online itu mendapat respons dari kalangan pondok pesantren.

Dalam kesempatan itu, pembuatan SIM melalui aplikasi Sinar ini langsung dipraktikkan oleh 3 perwakilan masyarakat di Jombang, Depok, dan Bali.

Seperti di Jombang, aplikasi Sinar langsung dipraktikkan oleh salah satu santri dari Ponpes Tebuireng, Muhammad Subanuri. Dirinya melakukan perpanjangan SIM C melalui platform digital Korlantas Polri yang diunduh di playstore pada ponsel pintarnya.

BACA JUGA : 

Pastikan Operasi Ketupat 2021 Lancar, Irwasum Polri Tinjau Pos Pam Terminal Bungurasih

100 Hari Pertama Kapolri, Berikut Hasil Kerja dan Manfaatnya

Hari Pertama Penyekatan di Jombang, Belasan Kendaraan Pemudik Terpaksa Putar Balik

Bupati Sanusi Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Mudik Lebaran 2021

Dengan didampingi oleh Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin), Sabanuri dipandu langsung oleh Kasi Standar SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.

Hanya hitungan menit saja, SIM yang diinginkan bisa langsung jadi di Satpas Satlantas Polres Jombang. Tentu saja, itu setelah menyelesaikan pembayaran melalui virtual account Bank BNI.

Pada kesempatan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta pendapat Gus Kikin melalui sambungan virtual terkait aplikasi Sinar tersebut.

“Gus ini kita mau menanyakan bagaimana terkait aplikasi yang baru saja di-launching. Menurut Gus, kira-kira aplikasi ini dirasakan membantu Gus atau malah bikin repot. Nah ini kita butuh pendapatnya Gus ini,” tanya Kapolri ke Gus Kikin.

Inovasi di tubuh Korlantas Polri ini kemudian diapresiasi oleh Gus Kikin. Menurutnya, terobosan ini sangat membantu para santri yang sedang dalam kondisi menempuh pendidikan di pesantren.

“Alhamdulillah ini Pak Kapolri. Ini satu inovasi yang sangat luar biasa ini. Santri yang tadi sudah mencoba melalui handphone, langsung bisa mendapat yang namanya SIM. Tinggal pengirimannya saja. Jadi serba luar biasa,” tukas Gus Kikin. (aan/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...