Tingkatkan Pelayanan, RSUD Bangil Tambah Mesin Hemodealisis Baru

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Bangil Tambah Mesin Hemodealisis Baru Penandatanganan prasasti unit layanan hemodialisis RSUD Bangil.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di bidang unit hemodialisis terus dilakukan seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat yang berobat ke RSUD Bangil. Salah satunya, yakni melakukan penambahan mesin hemodialisis. Dari 9 unit, kini bertambah menjadi 36 mesin baru.

Dirut dr. Arma Rosalina menjelaskan bahwa hemodialisis yang dimiliki sudah beroperasi sejak 4 April 2016. Awalnya hanya 9 unit mesin yang beroperasi. Seiring perkembangan waktu serta hasil feasibility study, kebutuhan layanan hemodialisasi semakin meningkat dengan tingginya daftar antrean pasien yang memerlukan hemodialisis.

"Sekitar 0.08 persen jumlah penduduk di Pasuruan mengalami Chronic Kidney Disease-End Stage Renal Disease (CDK-ESRD), maka dengan jumlah penduduk sebanyak 1.605.969 jiwa yang mengalami CDK ESRD adalah 1.285 jiwa yang memerlukan tindakan hemodialisis, di mana seharusnya di Pasuruan Raya tersedia sebanyak 428 mesin. Untuk itulah berupaya untuk menambah kapasitas layanan hemodialisis," kata dr. Arma saat memberikan sambutan peresmian gedung baru instalasi hemodialisis, Kamis (15/4/2021).

Pada tahun 2020, sesuai arahan roadmap dan pengembangan pelayanan, pihak berupaya menambah kapasitas layanan lagi dengan menambahkan 36 unit. Dengan penambahan unit tersebut, maka dibutuhkan ruang baru, dan pihak RSUD memanfaatkan gedung eks IGD untuk bisa menampung mesin baru tersebut.

Lihat juga video 'Suami Bu Kades di Pasuruan Diamankan Polisi Karena Curi Motor, Terekam CCTV':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO