Senin, 14 Juni 2021 10:04

Peduli UMKM, Unirow Tuban Dampingi UMKM Urus Perizinan Usaha

Rabu, 28 April 2021 21:27 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Peduli UMKM, Unirow Tuban Dampingi UMKM Urus Perizinan Usaha
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas PGRI Ronggolawe Tuban tahun 2021. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM, Rabu (28/4/2021).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dumiyati menjelaskan, tujuan pendampingan dan pelatihan kali ini untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami UMKM karena belum memiliki izin usaha. Khususnya, bidang kerajinan tangan, pengolahan makanan, dan minuman anggota forum IKM. Potensi yang dimiliki UMKM belum maksimal karena tidak memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

"Sebanyak 18 UMKM kuliner yang tergabung forum IKM dan Pasar Digital Community Tuban kita dampingi mengurus NIB dan IUKM," ujarnya.

Bu Dum, sapaan akrabnya menjelaskan hasil pemetaan, bahwa permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM adalah lemah dalam pengembangan usaha dan peluang untuk kerja sama dengan pihak lain terkait pendanaan. Padahal, operasional dan produksi mereka memiliki potensi jangkauan pemasaran yang lebih luas.

BACA JUGA : 

Tinjau Resi Gudang di Tuban, Wamendag: Masih Banyak SRG yang Belum Optimal

DPMPTSP dan Naker Tuban Bakal Berangkatkan 4 Keluarga Program Transmigrasi, Begini Persyaratannya

Rumah Warga di Tuban Terbakar, Uang Rp 15 Juta Ikut Hangus

Mabuk Tuak, Pria Asal Lamongan Aniaya Korban hingga Tewas Bersimbah Darah di Tepi Jalan

"Solusi yang kami tawarkan melaksanakan pelatihan, melakukan demonstrasi, dan mendampingi pengurusan legalitas usaha meliputi NIB dan IUMK," jelasnya.

Wakil Rektor 2 Unirow tersebut menambahkan, bahwa output dari kegiatan pengabdian masyarakat itu salah satunya adalah penyerahan sertifikat NIB dan IUMK kepada 18 pelaku UMKM.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban Supiana Dian Nurtjahyani memberikan apresiasi terhadap para dosen Unirow yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan pengurusan izin usaha (NIB dan IUKM) bagi UMKM anggota Forum IKM, Inovasi Tiada Henti Disperindag, dan Pasar Digital Community di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

"Ke depan Unirow bisa tetap menjalin sinergi dengan UMKM dalam hal pembinaan dan pemberdayaan untuk meningkatkan peran UMKM dalam pemulihan perekonomian pascapandemi Covid-19," harap Prof. Dian, sapaan akrabnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sejak Februari 2021 di Kecamatan Tuban, Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Jenu, Kecamatan Bangilan, Kecamatan Palang, dan direncanakan berakhir pada Juni 2021 mendatang. (gun/zar)

Khilafah Proyek Politik Inggris? Ini Alasan Hizbut Tahrir Bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim
Minggu, 13 Juni 2021 14:58 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. K.H. Imam Ghazali Said, M.A. mengungkapkan bahwa upaya menghidupkan sistem pemerintahan khilafah adalah fatamorgana. Tapi Hizbut Tahrir ngotot mau mendirikan khilafah. “Khilafah yang sudah ambruk mau...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...