Minggu, 09 Mei 2021 09:29

Pakai Mosipena, FPRB Jatim dan Pamekasan Edukasi Siswa Sekolah Soal Penanggulangan Bencana

Senin, 03 Mei 2021 20:08 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Pakai Mosipena, FPRB Jatim dan Pamekasan Edukasi Siswa Sekolah Soal Penanggulangan Bencana
Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jawa Timur bersama FPRB Pamekasan memberikan edukasi penanggulangan bencana kepada siswa MAN 2 Pamekasan, Senin (3/5/2021). (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jawa Timur bersama FPRB Pamekasan memberikan edukasi penanggulangan bencana kepada siswa MAN 2 Pamekasan, Senin (3/5/2021). Edukasi kali ini dilakukan dengan Mosipena atau Mobil Edukasi Bencana milik BPBD Jatim yang dioperasikan oleh FPRB Jatim.

Budi Cahyono, Supervisor Posdalops BPBD Kabupaten Pamekasan mengatakan, materi yang diberikan adalah karakteristik bencana agar siswa paham dan tahu akan bencana tersebut. Diharapkan setelah paham akan karakteristik bencana, siswa paham dan bisa tahu harus berbuat apa ketika bencana terjadi.

"Negara kita adalah market bencana, maka sudah seharusnya kita bisa hidup berdampingan dengan bencana (Living Harmony with Disaster). Kita harus tahu harus berbuat apa, dan kita harus bisa meningkatkan kesiapsiagaan diri, keluarga, komunitas, dan seterusnya," tutur Budi Cahyono di hadapan siswa MAN 2 Pamekasan.

"Sudah waktunya kita mengubah paradigma dari tanggap darurat pada kesiapsiagaan, karena dengan kesiapan diri keselamatan akan mudah dilakukan," sambungnya.

BACA JUGA : 

Penyekatan di Raya Ambat Pamekasan, Petugas Gabungan Cegat Pengendara yang Terindikasi Mudik

Peduli Sesama, Alumni SMPN 1 Pamekasan Angkatan 1987 Bagi-bagi Santunan dan Sembako

Pakai Smartfren GOKIL MAX Terbaru, Nikmati Harga Paling Gokil dan Kuota Data Terbesar di Kotamu

Alumni SMPN 1 Pamekasan Poko'en H Berikan Santunan Kepada Anggota yang Kurang Mampu dan Anak Yatim

Siswa MAN 2 Pamekasan tampak antusias mengikuti edukasi soal penanggulangan bencana tersebut. Mereka cukup senang dan benar-benar mengikuti acara tersebut dari awal sampai akhir.

Mbah Damo, Sekjen FPRB Jatim sangat mengapresiasi siswa MAN 2 Pamekasan yang sangat antusias mengikuti edukasi penanggulangan bencana dengan Mosipena BPBD dan FPRB Jatim.

Sementara itu, Chandra Kirana Nasso, Guru MAN 2 Pamekasan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. "Semoga tetap bermanfaat dan bisa digetuktularkan pada masyarakat yang lain," ujar guru yang sedang menempuh studi S3 tersebut.

Bunda Chandra, panggilan akrabnya, menambahkan bahwa kehadiran Mosipena sangat mengedukasi siswa, mengenalkan siswa dengan bermacam bencana, dan cara menghadapinya. Sangat baik sebagai modal awal pengenalan terbentuknya sekolah aman bencana.

"Siswa dari ekstrakurikuler pramuka, pencinta alam, dan PMR (Palang Merah Remaja) sangat antusias dengan kehadiran Mosipena," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain Budi Cahyono, juga ada pemateri lain yakni Mbak Puspita dari RPBI dan Sekjen FPRB Jatim Mbah Darmo. (yen/zar)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...