Minggu, 20 Juni 2021 20:27

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Bupati Tantri Instruksikan ASN Tidak Mudik

Kamis, 06 Mei 2021 17:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andi Sirajudin
Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Bupati Tantri Instruksikan ASN Tidak Mudik
Ilustrasi.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Larangan mudik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) terus digaungkan Bupati Probolinggo, Hj. P. Tantriana Sari, S.E.. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi lonjakan penyebaran Covid-19.

"Sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, saya instruksikan kepada seluruh ASN dan pegawai PTT di lingkungan Pemkab Probolinggo agar tidak Mudik Lebaran," ujar Bupati Tantri, Rabu (5/5) kemarin.

Menurut bupati dua periode ini, larangan untuk mudik ini sebagai tujuan antisipasi penyebaran Covid-19 dan salah satunya adalah larangan mudik bagi seluruh ASN sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Larangan Mudik Tahun 2021.

Oleh karena itu, pemerintah daerah bersama dengan jajaran TNI/Polri sedang menyusun segala sesuatu berkaitan support pengaturan, pembatasan, dan pelarangan mudik. Nantinya, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo akan mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh Satgas Kecamatan maupun Satgas Desa.

BACA JUGA : 

Sempat Tertunda, Pilkades Probolinggo Bakal Digelar Serentak Akhir Tahun 2021

Antisipasi Corona, Satgas Covid-19 Probolinggo Sweeping Penumpang Asal Madura di Pelabuhan

Buntut Viralnya 6 Warga yang Tinggal di Gubuk Darurat, Wabup Timbul Langsung Turun Tangan

Masih Masa Pandemi, Pengunjung Wisata di Probolinggo Wajib Patuhi Prokes

Lanjut Bupati Tantri, pihaknya bersama dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo akan melakukan rapat koordinasi (rakor) terkait adanya larangan mudik sebagaimana sesuai aturan pemerintah pusat.

“Rakor dilaksanakan besok hari Kamis tanggal 6 Mei 2021 (hari ini) dengan tujuan menyosialisasikan terkait dengan aturan ini dan menyampaikan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan Satgas Kabupaten, Satgas Kecamatan, dan Satgas Desa. Intinya kegiatan perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak boleh menjadi trigger bagi peningkatan kasus Covid-19,” katanya.

Terkait dengan kegiatan sosial keagamaan berupa pengajian, Salat Tarawih, dan Salat Idul Fitri, Bupati Tantri mengaku belum menarik surat edaran berkaitan dengan pembatasan kegiatan sosial kemasyarakatan. Baik di level masjid maupun musala untuk melakukan kegiatan dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 50 persen kapasitas dan wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Beberapa hari yang lalu kami telah menyampaikan agar tidak mengadakan open house atau kegiatan-kegiatan yang mengundang serta melibatkan banyak orang. Imbauan ini in line dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang larangan menyelenggarakan perayaan yang mengundang banyak orang yaitu open house, halal bihalal, dan silaturahim,” tegasnya. (ndi/ian)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...