Kamis, 17 Juni 2021 14:30

Digelar Khusus di Kecamatan Kanor, Lomba Berburu Tikus di Bojonegoro Dimulai Hari Ini

Senin, 07 Juni 2021 10:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
Digelar Khusus di Kecamatan Kanor, Lomba Berburu Tikus di Bojonegoro Dimulai Hari Ini
Para petani di Desa Simbatan, Kanor sedang melakukan gropyokan tikus. (foto: JFN for BANGSAONLINE)

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Lomba berburu tikus yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro dimulai hari ini (Senin, 7/6/2021). Para petani mulai hari ini bisa menjual hasil buruan tikus di sawah kepada kelompok tani (poktan) senilai Rp 2.000 per ekor.

Sayangnya, lomba ini dikhususkan kepada para petani di Kecamatan Kanor, Bojonegoro. Itu pun hanya sembilan desa yang telah ditunjuk oleh disperta sebagai pesertanya. Sembilan desa itu ada 25 kelompok tani (poktan) yang siap membeli tikus senilai Rp 2.000 per ekor.

"Lombanya mulai hari ini sampai hari Jumat (11/6/2021). Jadi bukan tikus mati secara utuh kemudian disetor kepada kelompok tani, tetapi dipotong ekornya saja," jelas Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Bojonegoro Zaenal Fanani saat dihubungi via WhatsApp.

Pria yang juga sebagai Pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Bojonegoro itu menargetkan 25 ribu ekor tikus terbeli dari para petani di Kecamatan Kanor. Disperta telah menggelontorkan dana senilai Rp 50 juta sebagai pengganti pembelian tikus dari petani tersebut.

BACA JUGA : 

Lawan Pungli dan Jukir Nakal, Dishub Bojonegoro Buka Layanan Call Center

25.000 Tikus Mati di Tangan Petani, Disperta Bojonegoro Sebut Sukses

Bupati Anna Mu'awanah Ajak Masyarakat Hindari Pernikahan Dini

Sita Ribuan Meter Kawat dan Kabel, Polisi dan TNI Razia Kabel Listrik Jebakan Tikus di Sawah

"Ya, jadi sudah kami anggarkan Rp 50 juta untuk lomba berburu tikus ini. Kenapa hanya di Kecamatan Kanor? Yang pertama, karena ini program kami yang baru, kemudian yang kedua karena di wilayah Kanor khususnya daerah bantaran Sungai Bengawan Solo sedang masa tanam. Selain itu juga populasi tikus di daerah ini banyak sekali," jelasnya.

Dengan program ini, lanjut dia, diharapkan dapat mengendalikan banyaknya hama tikus yang menyerang tanaman padi milik petani di Kecamatan Kanor. Selain itu, lomba berburu tikus tersebut juga sebagai solusi pascaadanya perbup tentang larangan menggunakan jebakan tikus beraliran listrik di sawah petani.

"Kami harap perbup itu dipatuhi oleh masyarakat, dan mari kita ikuti program lomba berburu tikus ini. Kita gencarkan berburu tikus agar pertanian padi aman dan panen secara maksimal," ujar Zaenal Fanani.

Dia menambahkan, para petani bisa menangkap tikus sebanyak-banyaknya di areal persawahan, kecuali tikus anakan yang baru lahir. Selanjutnya, hasil tangkapan tikus itu bisa diserahkan kepada kelompok tani masing-masing desa yang mengikuti program lomba ini untuk didata.

"Selanjutnya, kelompok tani akan mengumpulkan ekor tikus yang terbeli kepada Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Kanor," pungkasnya. (nur/zar)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...