Rabu, 28 Juli 2021 20:15

Wali Kota Maidi: Tidak Ada Toleransi bagi Pelaku Pungli, 'Geger Yo Geger'

Senin, 07 Juni 2021 21:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Suhartono
Wali Kota Maidi: Tidak Ada Toleransi bagi Pelaku Pungli,
Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Saber Pungli Kota Madiun tahun 2021.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Pemerintah RI semakin tegas terhadap praktik-praktik pungli.

Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun juga cepat merespons perpres tersebut dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar turut berperan aktif dalam memberantas pungli.

Wali Kota Madiun H. Maidi menegaskan, tidak ada toleransi bagi oknum pelaku pungutan liar (pungli). Hal ini disampaikan saat Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Saber Pungli Kota Madiun tahun 2021, di RM Ayam Goreng Pemuda dan dihadiri oleh Forkopimda Kota Madiun serta beberapa jajaran OPD terkait.

"Pungli bisa merusak tatanan negara dan bertentangan dengan ideologi Pancasila. Maka tidak ada toleransi bagi oknum pelaku pungli," ujar Maidi seusai rapat koordinasi, Senin (7/6/2021).

BACA JUGA : 

Resmikan RS Lapangan, Wali Kota Madiun Berharap Tak Pernah Digunakan

Polres Madiun Kota Bersama Forkopimda Lanjutkan Bagi-bagi Sembako ke Warga Terdampak PPKM Darurat

Cukupi Kebutuhan Warga Isoman, Pemkot Madiun Dirikan Dapur Umum di Lingkungan RT

Wali Kota Madiun Kembali Berangkatkan Bantuan Beras dari Bulog untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

Maidi menjelaskan langkah-langkah yang diambil dalam pemberantasan pungli di semua lapisan pelayanan masyarakat. "Sekarang pelayanan online jadi tidak usah bertemu, sehingga salah satu langkah tersebut diharapkan akan mampu meminimalisir pungli di Kota Madiun," tegas Maidi

Menurutny, pungli bisa terjadi pada kegiatan sektor pelayanan publik, perizinan, pendidikan, pengadaan barang dan jasa, serta bidang pelayanan lain. Karena itu, ia berpesan kepada masyarakat apabila mengetahui adanya suatu tindakan pungli agar berani menolak dan melapor.

"Masyarakat jangan mau jika ada pungli. Geger yo geger (berantem ya berantem)," tukas Maidi seraya menegaskan bahwa pihaknya ingin mewujudkan Kota Madiun yang bebas dari pungutan liar.

Sementara Wakapolres Madiun Kota Kompol Joes Indra Lana Wira menjelaskan bahwa tahun 2020, di Kota Madiun nihil kasus pungli. Ia berharap hal ini bisa dipertahankan. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memberantas pungli.

"Ini baru semester pertama di tahun 2021, sesuai yang disampaikan Pak Wali evaluasi yang kurang akan kita tindak lanjuti ke depan supaya lebih baik," ujar Joes Indra kepada BANGSAONLINE.com.

Sementara Kepala Inspektorat Kota Madiun Gaguk Hariyono menambahkan, bagi masyarakat yang mendapati pelaku pungli bisa langsung ke Kantor Sekretariat Saber Pungli Kota Madiun atau menghubungi 112. (dro/ian)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...