Senin, 02 Agustus 2021 22:24

Pasca Satu Orang Terpapar Varian India, Bupati Anna Imbau Warga Tak Bicara Berdekatan

Rabu, 16 Juni 2021 20:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Eky Nurhadi
Pasca Satu Orang Terpapar Varian India, Bupati Anna Imbau Warga Tak Bicara Berdekatan
Bupati Anna saat menghadiri acara di Pendopo Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Rabu (16/6/21).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Pasca terpaparnya satu pasien Virus Corona Varian India B1617.2 atau Varian Delta di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Bupati Anna Mu'awannah mengajak masyarakat untuk menengakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Bupati asal Tuban itu juga mengimbau masyarakat agar tidak tidak bercakap-cakap atau berbicara dengan berdekatan. Sebab, saat ini banyak yang sudah terinfeksi tanpa gejala yang dirasakan. Kata bupati, virus Varian Delta ini bisa tersebar dan menular melalui udara.

"Mulai sekarang mari kita hindari kerumunan dan tidak usah bercakap-cakap dengan berdekatan. Saya minta masyarakat mematuhi protokol kesehatan," tegas Bupati Anna saat menghadiri acara di Pendopo Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Rabu (16/6/21).

Dia mengatakan, jika Gubernur, Pangdam, dan Kapolda Jatim sudah merapatkan adanya lonjakan kasus Covid-19 yang ada di Jawa Timur ini, termasuk varian baru B1617.2 dari India tersebut menjangkit warga Bojonegoro dan Madura.

BACA JUGA : 

Terpapar Virus Corona, Bupati Bojonegoro Kerja dari Rumah Sakit

Bupati Bojonegoro Terpapar Virus Corona, Jalankan WFH

Bojonegoro Terapkan PPKM Darurat, Sekolah Daring hingga Warung Makan Hanya Layani Delivery

Cegah Penularan Corona, 36 Puskesmas di Bojonegoro Buka Layanan Vaksin Gratis

"Saat ini penularan Covid-19 sedang naik tajam, bahkan saat ini varian baru dari India sudah menginfeksi salah satu warga Bojonegoro. Mari kita patuhi protokol kesehatan, karena saat ini rumah sakit sudah mendekati angka 60 persen untuk isolasi Covid-19," ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro Masirin mengatakan, satu pasien yang terjangkit virus Corona Varian India itu rumahnya berada di Kecamatan Kota Bojonegoro.

Pasien tersebut sebelumnya bersama 12 orang lainnya usai berziarah di daerah Madura, kemudian saat ada tes swab dan tracing di pintu masuk Jembatan Suramadu pasien berjenis kelamin laki-laki itu terindikasi Covid-19 varian B1617.2.

Selanjutnya oleh petugas dibawa ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk diisolasi sebelum akhirnya dirawat di rumah sakit di Surabaya. Seminggu kemudian pasien tersebut dijemput Tim Gugus Tugas Covid-19 Bojonegoro dan dirujuk di RSUD Sosodoro Djatiekoesomo Bojonegoro.

"Untuk 11 rombongan lainnya sudah kita lakukan tracing, tetapi hasilnya belum keluar. Selain itu keluarga pasien juga kita tracing," ungkapnya.

Dia menambahkan, pengoptimalan peran Satgas Covid-19 di semua level diharapkan bisa meminimalisir melonjaknya penyebaran kasus baru di Kabupaten Bojonegoro, termasuk virus varian baru dari India. Gejala dari Varian Delta tersebut salah satunya pendengaran terganggu, serta aliran darah membeku. (nur/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...