Saring Bacakades, DPMD Sumenep Gelar Ujian Kepemimpinan di Gedung Islamic Center

Saring Bacakades, DPMD Sumenep Gelar Ujian Kepemimpinan di Gedung Islamic Center Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten menggelar ujian bagi bakal calon kepala desa (bacakades) yang mendaftar pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021.

Dalam ujian ini, DPMD bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo. Adapun pelaksanaan ujian digelar di Gedung Islamic Center, Kecamatan Bantuan, Kamis (17/6/21).

"Hari ini kita gelar ujian kepemimpinan sebagai salah satu kegiatan pada seleksi tambahan di pencalonan kepala desa di pilkades ini," terang Kepala DPMD Moh. Ramli, kepada sejumlah awak media, Kamis (17/6).

Ujian kepemimpinan itu menggunakan sistem hybrid. Untuk tes tulis dilakukan secara tatap muka atau langsung. Sedangkan focus group discussion (FGD) menggunakan sistem daring dengan peserta di ruangan lain.

Ramli menjelaskan, ujian kepemimpinan ini diberlakukan bagi desa yang bakal calonnya lebih dari 5 orang. "Adapun yang dinilai ada 4 kriteria, yakni 70% di tiga kriteria pertama yang sudah bisa saling menghitung dan siapa pun bisa mengetahui atau bisa menghitungnya, yakni di usia pendidikan dan pengalaman," tuturnya.

“Secara teknis, Pemkab , tim kabupaten, sudah bekerja sama dan menunjuk LPPM Universitas Trunojoyo Bangkalan, dan hasilnya akan diserahkan secara langsung," ungkapnya.

Sementara hasil dari tes kepemimpinan itu ditargetkan akan selesai dalam waktu satu hari. Sedangkan penetapan akan dilakukan pada tanggal 22 Juni 2021, karena bupati sudah menetapkan jadwal tahapan pilkades ini, khususnya di masa penyaringan.

"Semua tahapan pilkades sudah wajib mematuhi ketentuan prokes. Pemkab dan tim kabupaten di pilkades ini berkomitmen untuk menjalankan amanat ketentuan prokes. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO