Libatkan Emak-Emak, Laskar Semut Gunung Kompak Bersihkan Gulma di Kebun Bibit Mranggen Kediri

Libatkan Emak-Emak, Laskar Semut Gunung Kompak Bersihkan Gulma di Kebun Bibit Mranggen Kediri Emak-emak dan mbak-mbak yang rela berpanas-panasan ikut membersihkan gulma di Kebun Bibit Terpadu Kabupaten Kediri di Desa Mranggen, Kecamatan Purwoasri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Laskar Semut Gunung yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri merayap di kebun yang rencananya akan disulap menjadi kebun bibit terpadu dan konservasi lingkungan di Desa Mranggen, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Kegiatan dilakukan bersama puluhan laskar dari berbagai komunitas lingkungan di Kediri, Minggu (20/6/2021) kemarin.

Mereka bersatu-padu membersihkan gulma dan sampah di kebun bibit yang berlokasi di belakang Terminal Purwoasri yang kini disulap menjadi Balai Uji Kir Kendaraan bermotor Dishub Kabupaten Kediri.

Lahan milik Pemkab Kediri itu rencananya memang diperuntukkan sebagai kebun bibit berbagai macam tumbuhan yang disiapkan juga sebagai bank bibit tanaman, guna giat penghijauan di masa mendatang.

Kegiatan 'membuka' lahan ini tidak mengenal gender. Baik relawan laki-laki, emak-emak, dan anak-anak, semua bergerak bersama-sama membersihkan lahan dari rumput dan gulma yang menutupi lahan seluas sekitar 1 hektare tersebut.

Pemimpin Aksi dr. Ari Purnomo Adi mengatakan bahwa kebun bibit dan konservasi tanaman di Desa Mranggen ini nantinya diperuntukkan sebagai pengembangan konservasi tanaman di Kabupaten Kediri.

"Sebagai penyedia bibit tanaman bagi penghijauan, sebagai edukasi konservasi lingkungan, dan tentunya sebagai 'penjaga' bagi ratusan sumber-sumber mata air di wilayah Kabupaten Kediri," ujar dr. Ari, Senin (21/6/2021).

Aktivis yang juga seorang dokter itu berharap apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan para relawan lingkungan ini bisa membawa kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat Kediri dan sekitarnya.

"Dan kiranya kita bisa mewariskan sesuatu yang indah bagi generasi penerus serta demi masa depan lingkungan dan perairan Indonesia yang lebih baik," pungkas aktivis lingkungan nyentrik tersebut. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO