Langsung Rapat Internal, Wali Kota Pasuruan Tindak Lanjuti Arahan Jokowi Soal Pengendalian Inflasi

Langsung Rapat Internal, Wali Kota Pasuruan Tindak Lanjuti Arahan Jokowi Soal Pengendalian Inflasi Wali Kota Pasuruan Gus Ipul beserta jajaran TPID dan perangkat daerah terkait mengikuti rakor dari Media Command Centre (MCC) Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sesaat setelah mengikuti rakornas dengan Presiden Jokowi secara virtual, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Tim Pengendalian Daerah (TPID) langsung melakukan rapat internal.

Tujuannya agar inflasi di Kota Pasuruan dapat ditekan dan ekonomi masyarakat kembali bangkit melalui pemaksimalan hasil petani, nelayan, dan produk UMKM.

Diketahui, pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat, salah satunya melalui pengendalian inflasi. Saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian (PI) Tahun 2021, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meminta Tim Pengendalian Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Daerah (TPID) untuk menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok.

"Jaga terus ketersediaan stok dan stabilitas harga. Utamanya barang kebutuhan pokok. Dalam kondisi daya beli masyarakat yang menurun, stabilitas harga bahan pangan sangat penting bagi masyarakat," ujar Jokowi pada rakor virtualnya yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah.

Di Kota Pasuruan, Wali Kota Gus Ipul beserta jajaran TPID dan perangkat daerah terkait mengikuti rakor dari Media Command Centre (MCC) Kota Pasuruan.

Dalam rakor yang digelar tanggal 25 Agustus 2021 ini, Jokowi mendorong agar pemerintah daerah juga mengoptimalkan pemanfaatan e-Commerce untuk menumbuhkan ekonomi di masa pandemi. Karena dengan pemanfaatan e-Commerce, ruang pemasaran bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), petani, dan nelayan akan naik kelas karena lebih dikenal masyarakat luas.

"Saat ini, waktu yang tepat untuk menggunakan semua platform e-Commerce yang ada, baik global, nasional maupun yang ada di daerah," tutur Jokowi.

Sebelum mengakhiri arahannya, Jokowi menitipkan tiga hal pada pemerintah daerah beserta jajarannya, pertama, untuk menjaga stok dan stabilitas harga, utamanya bahan pokok. Kedua, daerah diminta tak hanya fokus melakukan pengendalian inflasi, tapi juga proaktif agar sektor ekonomi tumbuh produktif. Ketiga memperkuat UMKM, sektor pangan, dan nelayan sehingga mampu menjadi tumpuhan masyarakat di masa pandemi. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO