Pertamina Meriang, Erick Thohir Merestrukturisasi BUMN, Banyak Kehilangan Kekuasaan

Pertamina Meriang, Erick Thohir Merestrukturisasi BUMN, Banyak Kehilangan Kekuasaan Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Harus diakui Presiden Jokowi mampu meredam kegarangan DPR. Maka restrukturisasi pun lancar jaya. Benarkah? Simak tulisan wartawan kondang, Dahlan Iskan, berjudul Sub-sub di Disway pagi ini, 11 September 2021. Di bawah ini BANGSAONLINE.com menurunkannya secara lengkap. Selamat membaca:

PERTAMINA memasuki babak baru: benar-benar hanya jadi holding. Semua yang berbau operasional sepenuhnya diserahkan ke sub-sub-holding.

Itulah keputusan terbaru Menteri . Yang mulai berlaku Jumat kemarin.

Anda sudah tahu: kini ada 6 sub-holding di bawah . Yakni:

1. Upstream, yang menangani semua urusan hulu: ladang-ladang minyak dan gas.

2. Refining & Petrochemical, yang menangani lima kilang besar dan industri kimia.

3. Commercial & Trading, yang menangani penjualan BBM dan membeli minyak mentah.

4. Power & NRE, yang menangani geotermal dan energi baru seperti solar cell dan baterai lithium.

5. Gas. PGN (Perusahaan Gas Negara) berada di sini.

6. Shipping, yang mengurus kapal-kapal , khususnya kapal-kapal tanker pengangkut minyak.

Awalnya tersiar kabar sub-holding itu akan ada tujuh. Yakni ditambah sub-holding urusan pelayanan. Yakni yang akan mengurus soal rumah sakit atau hotel . Ke mana rumah-rumah sakit dan hotel itu berinduk? Atau dijual saja?

Tentu reorganisasi ini merupakan langkah yang amat besar. Itu tidak mudah. Mungkin di dalam tubuh grup kini lagi meriang. Yang di pusat banyak yang kehilangan kekuasaan. Cukup besar. Banyak jabatan lama yang harus hilang. Mereka harus pindah ke anak perusahaan.

Yang di anak perusahaan juga harus menghadapi gelombang mutasi staf internal mereka. Ditambah harus mengakomodasi kiriman orang-orang dari pusat.

”Kapal besar” kini lagi mengarungi lautan baru yang penuh riak. Tapi layar sudah dikembangkan. Kapal harus tetap melaju.

Dalam masa pancaroba seperti itu tentu akan muncul banyak keluhan. Setidaknya gerundelan. Manajemen yang mau banyak mendengar tentu akan mengurangi keresahan seperti itu.

Saya dengar, restrukturisasi ini atas inisiatif penuh dari kementerian . Bukan dari inisiatif . Berarti kementerian akan memonitor baik-baik apa yang terjadi setelah palu restrukturisasi diayunkan.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO