Memuaskan! Hasil Panen Padi BK-Situbondo Capai 10,56 Ton per Hektare

Memuaskan! Hasil Panen Padi BK-Situbondo Capai 10,56 Ton per Hektare Bupati Situbondo, Karna Suswansi saat melakukan pengubinan padi BK-900 milik Kelompok Tani Suka Tani Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Bupati bersama Badan Pusat Statistik (BPS) setempat melakukan pengubinan atau menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen padi varietas BK-900 dan BK-700, Minggu (24/10).

Hasilnya, dari ubinan 2,5 x 2,5 meter, diketahui dapat menghasilkan 6,6 kilogram gabah kering panen (GKP). Dengan demikian, produktivitas padi varietas BK-900 mencapai 10,56 ton gabah kering panen (GKP) per hektare.

"Alhamdulillah, kita lihat bersama setelah dilakukan pengubinan bersama Badan Pusat Statistik (BPS), padi varietas BK-900 ini produktivitasnya tidak disangka mencapai 10,56 ton per hektare. Tentu ini sangat memuaskan," kata Bupati , .

Bung Karna, sapaan akrab Bupati itu menjelaskan bahwa setelah uji coba di lahan seluas 16 hektare, padi varietas BK-900 dan BK-700, diketahui dapat meningkatkan produksi dua kali lipat dari jenis padi yang biasanya ditanam oleh petani.

"Jadi, padi varietas BK-900 dan BK-700 ini memiliki banyak keunggulan, mulai batang yang kuat, daun bendera dan per malai padi lebih banyak dibandingkan padi biasanya," terangnya.

Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat sebagai bendahara PCNU Kabupaten Bondowoso itu menuturkan bahwa ubinan padi BK-900 dan BK-700 sudah terbukti menghasilkan hasil yang memuaskan, walaupun prosesnya masih belum sepenuhnya sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO