Bondowoso Raih Peringkat 80 Terbaik Pasar Tradisional se-Indonesia

Bondowoso Raih Peringkat 80 Terbaik Pasar Tradisional se-Indonesia Kepala Diskoperindag Bondowoso, H. Harimas. foto: Sugiyanto/BangsaOnline.com

BONDOWOSO (BangsaOnline) - Tidak mudah untuk mendapatkan sebuah apresiasi prestasi dari pemerintah pusat, berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Pada tahun 2015 melalui Dinas Koprasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Bondowoso berhasil mendapatkan prestasi peringkat ke 80 sebagai pasar tradisonal terbaik se-Indonesia.

“Tahun 2015 ini, Kabupaten bondowoso berhasil meraih peringkat ke-80 sebagai pasar terbaik se-indonesia,” ujar Kepala Diskoperindag Bondowoso, H. Harimas saat ditemui wartwan kemaren diruang kerjanya.

Harimas, menjelaskan prestasi tersebut diraih setelah mendapatkan pantauan dari pihak UPT Metrologi Jember. Dari hasil pantauan tersebut pasar tradisonal yang ada di Kabupaten Bondowoso berhasil mendapatkan peringkat 80 sebagai pasar tradisonal dengan kategori tertib ukur.

“Dari 9.950 pasar tradisional yang ada di Indonesia bondowoso peringkat 80, namun untuk tingkat jawa timur kabupaten bondowoso menempati peringkat terbaik di urutan ke 2,” ungkap mantan Kepala BKD itu.

Harimas mengatakan, atas prestasi tersebut, pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada pemkab bondowoso sebagai pasar tradisional dengan ukuran paling tertib di tingkat nasional. Penghargaan tingkat nasional ini, merupakan Penghargaan pertama yang diterima oleh kabupaten bondowoso tepatnya yaitu pada 2015 ini.

“Indikator penilain yang dilakukan oleh pihak metrologi adalah ukuran paling tertib berdasarkan pelaksanaan kegiatan peninjauan melalui Kir timbangan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh UPT Metrologi Jember yaitu pada bulan juli dan agustus tahun 2014 lalu,” tandasnya.

Selain itu, kata harimas bahwa perolehan Prestasi Pasar tradisional dengan Tertib ukur terbaik ini, dinilai dari beberapa faktor yaitu pelaku usaha atau pedagang melakukan transaksi dan perlakuan timbangan dengan baik dan benar, Timbangan bersih dari anak timbangan serta barang lain yang ada di atas timbangan.

“Semoga saja untuk tahun-tahun berikutnya bondowoso mampu meraih peringkat yang lebih memuaskan lagi, sehingga kami akan terus melakukan upaya-upaya untuk pembenahan pasar tradisional yang ada dibondowoso lebih baik lagi,”. Pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO