Diskominfo Kota Kediri Kenalkan Aplikasi SiMalik untuk Optimalkan Pengelolaan Publikasi

Diskominfo Kota Kediri Kenalkan Aplikasi SiMalik untuk Optimalkan Pengelolaan Publikasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Apip Permana (dua dari kiri). Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kediri membuat aplikasi Sistem Informasi Manajemen Publikasi (). Aplikasi ini bertujuan mengoptimalkan pengelolaan publikasi kegiatan pemerintahan yang dipimpin oleh Wali Kota .

Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana, menuturkan bahwa aplikasi akan mempermudah para unit kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dalam menginformasikan kegiatannya ke diskominfo. Hal tersebut merupakan upaya agar masyarakat di Kota Kediri mengetahui segala program dan kebijakan yang dikerjakan oleh pemerintah daerah setempat.

"Kurang lebih ada sekitar 81 unit kerja di lingkungan Pemkot Kediri. Masing-masing unit kerja pasti memiliki kegiatan. Kita sebagai tempat untuk mempublikasikan kegiatan ingin mempunyai wadah agar mengetahui keseluruhan kegiatan dari masing-masing unit kerja," ujarnya ketika membuka acara sosialisasi Aplikasi , Kamis (2/12).

Sebelum disosialisasikan, lanjut Apip, telah diujicobakan di 10 unit kerja selama 2 bulan. Hasilnya, aplikasi itu cukup efektif untuk pengelolaan publikasi yang terintegrasi serta transparasi kegiatan Pemkot Kediri ke publik.

Ia berharap, perangkat daerah dan unit kerja di lingkup Pemkot Kediri dapat menggunakan sebagai tempat data dan informasi kegiatan yang perlu dipublikasikan. Dengan begitu, tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel bakal meningkat.

"Aplikasi ini sekedar tools (sarana). Sukses tidaknya akan tergantung dari operator dan verifikator. Karena ini untuk kepentingan Pemkot Kediri, kami ingin para operator dan verifikator dapat menjalankan fungsi dan tugasnya," kata Apip. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO