Hadiri Rakerda Dekopin Kota Pasuruan, Gus Ipul Pesan Pentingnya Digitalisasi Koperasi

Hadiri Rakerda Dekopin Kota Pasuruan, Gus Ipul Pesan Pentingnya Digitalisasi Koperasi

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Tantangan baru yang dihadapi koperasi tidak hanya soal inovasi, namun juga digitalisasi koperasi. Hal itu dikatakan oleh Wali (), pada acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia () Daerah , di RM. Nikmat Rasa, Selasa (14/12).

"Kita punya suatu tantangan yang serius, karena persaingan semakin ketat. Seperti halnya kita memproduksi sesuatu, maka kita akan bersaing dengan tempat produksi lainnya. Begitu pun dengan koperasi. Hari ini koperasi akan bersaing dengan pinjaman online (pinjol), KUR, BPR, dan bank-bank Syariah," papar

Oleh karena itu, mengatakan bahwa hari ini koperasi harus bertransformasi, apalagi di era digitalisasi.

"Mari kita sadari dan hadapi tantangan digitalisasi. Untuk itu, ketika kegiatan rapat koordinasi seperti ini, bapak-ibu harus mencatat poin-poin penting. Nantinya sebagai bahan inovasi terutama menghadapi era digitalisasi," ujarnya.

Menurut , jika tantangan digitalisasi ini tidak dihadapi dengan serius, maka koperasi akan dilibas oleh keadaan. "Maka itu apa yang harus dilakukan? sudah mempunyai program, tinggal dielaborasi oleh para koperasi," tegasnya.

Ia mengatakan, ada tiga poin penting dalam berelaborasi dengan . Pertama dekopin akan memfasilitasi koperasi-koperasi yang ada untuk bisa berdaya. Kedua, memfasilitasi koperasi untuk melek digital seperti menghadirkan perangkat digital dan peningkatan SDM, serta ketiga adalah terkait pembenahan regulasi.

" harus aktif memetakan kendala-kendala dikoperasi, sehingga kendala-kendala yang ada dapat segera diselesaikan," jelasnya.

Gus ipul juga mengungkapkan bahwa Pemerintah memiliki visi Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, dan Harmoni Warganya). Nah, dalam mewujudkan maju ekonominya, salah satu yang bisa diandalkan adalah koperasi dan UMKM.

"Koperasi dan UMKM ini merupakan salah satu pilar yang bisa menghadapi krisis ekonomi, Untuk itu, Koperasi dan UMKM memiliki program mulai tingkat pusat hingga daerah," ungkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO