Donor Plasma Konvalesen di Kota Kediri Mampu Bantu Pasien dari Semarang, Bandung, dan Daerah Lain

Donor Plasma Konvalesen di Kota Kediri Mampu Bantu Pasien dari Semarang, Bandung, dan Daerah Lain Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada masa pandemi Covid-19, plasma konvalesen menjadi hal yang dicari untuk membantu terapi pasien Covid-19. Pemerintah Kota Kediri pun turut berupaya memenuhi kebutuhan plasma konvalesen melalui Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Pasen). Gerakan ini dimulai sejak awal tahun 2021 lalu bersama PMI.

Berdasar data dari PMI Kota Kediri, plasma konvalesen yang berhasil terkumpul selama 2021 sebanyak 698 kantong. Di mana 655 kantong telah ditransfusikan ke 525 pasien. Selain untuk rumah sakit di Kota Kediri, PMI Kota Kediri juga mampu melayani permintaan pasien dari rumah sakit di daerah lain.

Seperti Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, hingga Bandung Jawa Barat.

Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Kediri, dr. Ira Widyastuti, mengungkapkan stok plasma konvalesen dimiliki Kota Kediri cukup banyak karena sinergi yang baik dengan Pemerintah Kota Kediri melalui Program Gedor Pasen.

Gerakan tersebut mampu mengajak penyintas Covid-19 untuk donor plasma konvalesen. Selain itu, PMI Kota Kediri juga memiliki mesin apheresis untuk mengambil plasma darah konvalesen dari para penyintas Covid-19.

Simak berita selengkapnya ...