Gusdurian Mojokutho Gelar Haul Gus Dur ke-12 di Pura

Gusdurian Mojokutho Gelar Haul Gus Dur ke-12 di Pura Sarasehan dalam rangka Haul Gus Dur ke-12 yang digelar GusDurian Mojokutho di Pura Hyang Eka Murti, Desa Sumberbendo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - GusDurian Mojokutho 87 Pare, Kabupaten Kediri, menggelar acara Haul Gus Dur ke-12 di Pura Hyang Eka Murti Dusun Sumberjo , Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jumat (28/1).

Acara tersebut dihadiri oleh GusDurian dari perwakilan lintas agama, Pemerintah , Pemerintah Kecamatan Pare, GusDurian Lereng Kelud, serta TNI-Polri. Dikemas dalam bentuk sarasehan dan dialog, acara yang gayeng ini dihadiri pula oleh dr. Ari Purnomo Adi, Ketua FPRB Kabupaten Kediri.

Dalam acara sarasehan tersebut, Ari menyampaikan bahwa hidup bersama alam juga merupakan nilai utama Gus Dur ke-9, yaitu kearifan lokal. Pria yang juga Koordinator Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Kediri itu, mengajak semua yang hadir untuk menjaga hubungan baik dengan Tuhan, sesama manusia, makhluk lainnya, dan lingkungan.

Sedangkan, Kepala , Basar, mengucapkan terima kasih kepada GusDurian Mojokutho yang telah menggelar acara Haul Gus Dur di desanya.

Menurut Basar, merupakan miniatur Indonesia, karena terdapat keragaman keyakinan. "Tapi warga saya semua rukun dan guyub, seperti apa yang diteladankan oleh KH Abdurrahman Wahid dalam 9 nilai utamanya," katanya, Jumat (28/1).

Sementara, Koordinator GusDurian Mojokutho 87 Pare, Antok Beler, berharap GusDurian sedapatnya bisa menjadi Gus Dur - Gus Dur baru, yang dapat mengamalkan 9 nilai utama Gus Dur.

Menurutnya, pengamalan 9 nilai utama tersebut dapat berawal dari diri sendiri yang akan berdampak kepada lingkungan sekitar.

"Sembilan nilai utama Gus Dur tersebut yakni ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, persaudaraan, kesederhanaan, keksatriaan, dan kearifan tradisi. Nilai-nilai yang telah diteladankan oleh Gus Dur itu, diharapkan bisa dilanjutkan oleh anak-anak muda," tutup Antok. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO