Dhito Dorong Pembatik Lokal Ambil Peluang Adanya Pakaian Khas Kediri

Dhito Dorong Pembatik Lokal Ambil Peluang Adanya Pakaian Khas Kediri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono menunjukan kain batik sebagai bahan pakaian khas kabupaten Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, mendorong pengrajin batik lokal memanfaatkan penetapan pakaian khas Kediri. Menurutnya, adanya pakaian khas Kediri bisa menjadi peluang bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dhito optimis, permintaan batik akan meningkat untuk digunakan sebagai pakaian khas Kediri. Ia juga yakin, bahwa masyarakat Kabupaten Kediri nantinya akan bangga memakai pakaian khas tersebut.

Pihaknya juga berencana mendesain Bandara Kediri sedemikian rupa, dengan harapan pakaian khas Kediri itu bisa dilihat orang-orang yang datang ke Kabupaten Kediri.

"Gambarannya sudah ada, nanti tinggal disinkronkan antara tim kajian pakaian khas Kediri dengan pembatik," kata bupati, Selasa (8/2) kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop UMKM) terkait peluang yang bisa diambil oleh para pembatik, untuk menggarap pakaian khas Kediri. Pihaknya berencana membuat pelatihan untuk pembuatan batik tersebut, termasuk untuk udeng.

"Kita nanti akan sampaikan ke pembatik untuk membuat corak seperti itu," ungkapnya.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO