Banyak Air Terbuang, Penyelamatan Harus Dilakukan di Hulu dan Hilir

Banyak Air Terbuang, Penyelamatan Harus Dilakukan di Hulu dan Hilir Lokakarya tentang Pengelolaan Terpadu Daerah Aliran Sungai di Kabupaten Pasuruan oleh Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pengelolaan daerah aliran sungai atau DAS secara terpadu terus dikembangkan di Kabupaten . Hal ini demi menjaga kelestarian serta efektivitas pemanfaatan air tanah dalam yang selama ini merupakan berkah bagi Kabupaten serta daerah-daerah sekitarnya.

Bupati menuturkan, Kabupaten diberkahi potensi sumber mata air yang melimpah.

Bahkan salah satu mata air yang ada di Kabupaten telah dijadikan proyek strategis nasional yaitu . Selain itu, puluhan perusahaan air minum dalam kemasan juga beroperasi di wilayah Kabupaten dengan memanfaatkan bahan baku air yang tersedia.

“Di balik berkah ini juga ada tantangannya. Penurunan jumlah debit air perlu diwaspadai jika tidak ingin kehabisan air di masa depan. Pengelolaan DAS yang baik menjadi kunci utama,” kata Bupati Irsyad saat membuka lokakarya tentang Pengelolaan Terpadu Daerah Aliran Sungai di Kabupaten oleh Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kabupaten , belum lama ini.

, demikian panggilannya, memberikan apresiasi yang besar terhadap keberadaan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kabupaten atau FDP.

Secara khusus apresiasi yang sama juga disampaikan kepada Danone-AQUA yang selama ini telah menjadi mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam menjaga lingkungan. Diharapkan peran Danone-AQUA dapat lebih aktif dalam pengelolaan terpadu DAS bersama FDP.

“Selain itu, apresiasi kepada ICRAF yang telah melakukan pendampingan kelembagaan dan kegiatan-kegiatan lainnya, termasuk lokakarya hari ini,” ungkapnya.

Senior Expert Landscape Governance and Investment ICRAF, Dr Beria Leimona menuturkan, sejak 2016 di Kabupaten pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua pihak dalam pelestarian DAS Rejoso.

Hal-hal yang sudah dilakukan termasuk menginisiasi skema imbal jasa lingkungan di wilayah hulu dan tengah DAS Rejoso sebagai salah satu cara pelestarian DAS Rejoso. Dalam pilot proyek tersebut, Danone-AQUA berperan sebagai lembaga yang menyediakan imbal jasa kepada para petani yang melakukan upaya-upaya konservasi tanah dan air dengan menanam pohon, menanam strip rumput, dan membuat rorak.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO