Bupati Kediri Minta Warganya untuk Tidak Mudah Percaya Hoax Soal Gunung Kelud

Bupati Kediri Minta Warganya untuk Tidak Mudah Percaya Hoax Soal Gunung Kelud Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana (kiri), saat meninjau kondisi kawah gunung Kelud. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono, meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya kabar bohong (hoax) terkait peningkatan aktivitas . Hal itu disampaikan karena banyak beredar hoax terkait hal tersebut.

Ia menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri bakal memberi pemberitahuan dan peringatan dini jika terjadi peningkatan aktivitas yang terjadi pada . Menurut dia, kondisi gunung kini berstatus normal dan belum menunjukkan peningkatan aktivitas.

“Saya pastikan, hingga hari ini, berstatus normal atau level 1,” ujarnya, Senin (14/2).

Setiap hari, lanjut Dhito, pos pantau terus mengawasi aktivitas . Pemkab Kediri juga akan melakukan pembenahan di titik evakuasi yang mengalami kerusakan dan penyempitan.

“Pemkab juga telah menentukan mana-mana saja jalur evakuasi yang cepat untuk dilalui warga jika kembali meletus,” tuturnya.

Sementara itu, , Slamet Turmudi, mengatakan bahwa untuk memberikan simulasi kebencanaan dan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap ancaman bencana, Pemkab Kediri melalui pihaknya membentuk tim desa tangguh bencana (destana) bagian dari langkah-langkah antisipasi.

“Dari 20 desa di lereng telah terlatih bagaimana mitigasi dan evakuasi bencana,” kata Slamet. (kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO