Bangun Ikon Kota, Bupati Muhdlor Sayembarakan Desain Landmark Perempatan Ciplaz Sidoarjo

Bangun Ikon Kota, Bupati Muhdlor Sayembarakan Desain Landmark Perempatan Ciplaz Sidoarjo Perempatan Babalayar atau Ciplaz Sidoarjo yang bakal dibangun ikon Kota Delta. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo terus menggeber rencana menata berbagai ikon kota serta ruang-ruang publik lainnya, seperti rencana pembangunan landmark yang akan ditempatkan di perempatan Babalayar Ramayana atau City Plaza (Ciplaz) Sidoarjo. Desain arsitekturnya pun akan melibatkan partisipasi publik.

, Ahmad Muhdlor Ali, mengatakan bahwa perempatan Babalayar itu bagian dari jantung wajah Kota Delta. Meski tempatnya sangat strategis, selama ini ternyata belum mendapat sentuhan penataan kota.

Baca Juga: Ikuti Rakercabsus, Kader PDIP Siap Menangkan Pilkada di Sidoarjo dan Jawa Timur

"Perempatan Mall Ciplaz ini ada di jantung Kota Sidoarjo. Harus menjadi oase arsitektural kota di tengah pesatnya aktivitas warga. Tidak seperti sekarang, kelihatan tak tersentuh sama sekali," ujarnya, Selasa (15/2).

Menurut dia, tempat-tempat ikonik memang masih jarang di wilayahnya. Padahal, landmark atau ciri-ciri kota adalah elemen penting untuk membantu orang mengorientasikan diri di dalam daerahnya dan untuk membantu orang mengenali suatu area tersebut. 

“Nantinya di perempatan itu, penataannya kita bikin terintegrasi. Artinya bukan hanya landmark baru, tetapi sekitarnya juga harus ditata. Juga harus semakin bersih,” tuturnya.

Baca Juga: Siang-Malam, Plt Bupati Sidoarjo Sisir Warga yang Butuh Bantuan

Desain landmark anyar itu akan dilombakan oleh Pemkab Sidoarjo, semua arsitek atau pegiat desain diperbolehkan ikut. Jurinya juga akan melibatkan sejumlah arsitek ternama. 

"Yang jelas dalam waktu dekat karena sudah kita siapkan anggaran pembangunannya," kata , sapaan akrab .

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, Bahrul Amig, telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait termasuk Polresta Sidoarjo dan Kodim 0816 untuk membahas penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Pelibatan instansi itu bagian dari kerja kolaboratif bersama jajaran Forkopimda Sidoarjo dalam melakukan penataan Kota Delta.

Baca Juga: Stan Terbakar, Pedagang Pasar Krian Terima Bantuan dari Pemkab Sidoarjo

"Betul, tahun ini akan ada pembangunan landmark atau ikon di Perempatan Babalayar. Kemarin sudah kita rapatkan di Kantor DLHK," kata Amig.

"Kita tunggu desainnya jadi, karena nanti akan disayembarakan dulu untuk desainnya. Pak bupati yang mengumumkan nanti," ucap Amig. (sta/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO