Pemkab Gresik Gandeng Kadin dan UMG Gelar Pelatihan Kerja Internasional

Pemkab Gresik Gandeng Kadin dan UMG Gelar Pelatihan Kerja Internasional Bupati Fandi Akhmad Yani saat menghadiri pembukaan pelatihan kerja internasional di UMG. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Gresik dan Kadin Provinsi Jawa Timur menggelar pelatihan pelatih tempat kerja internasional versi dasar di Aula Kampus (), mulai tanggal 21-27 Maret 2022.

Sebanyak 20 peserta dari sektor industri dan SMK ikut pelatihan tersebut.

Kegiatan itu juga menggandeng IHK (Kadin) TRIER dari Jerman sebagai pemateri dan penguji yang diwakili oleh Andreas Gosche melalui daring. Jerman menjadi pilihan kerja sama lantaran kualitas vokasinya nomor satu di dunia.

Acara itu dibuka langsung oleh . Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa permasalahan Kabupaten Gresik salah satunya adalah pengangguran. Upaya untuk mengatasinya, di antaranya melalui pendidikan.

"Pendidikan ini dilakukan dengan meningkatkan mutu dan kualitas yang salah satunya dilakukan dengan program-program seperti yang kita lakukan hari ini," ujarnya.

Ia menyampaikan, bahwa hingga saat ini sedang gencar mengupayakan perbaikan ekonomi pasca pandemi. Baik dengan pemberdayaan UMKM maupun dengan meningkatkan produktivitas suatu area lewat pengembangan kawasan industri maupun perubahan tata ruang.

"Di sisi lain, perbaikan SDM juga harus diimbangi alias berjalan selaras. Apabila kualitas SDM kita baik, saya yakin pengangguran akan makin berkurang seiring dengan tumbuh pesatnya industri yang hadir di Kabupaten Gresik," jelasnya.

Ketua Kadin Provinsi Jatim Adik Dwi Putranto menyatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu lulusan SMK maupun perguruan tinggi agar memiliki kompetensi di bidang masing-masing.

"Saya kira ini penting sekali, karena dilakukan harmonisasi antara kurikulum di sekolah dan kebutuhan di industri, khususnya ketika ada siswa atau mahasiswa yang magang di suatu perusahaan. Sehingga saat lulus dan masuk ke dunia kerja, memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan industri," ujarnya.

Kegiatan juga dihadiri Ketua M. Choirul Rizal, Rektor Prof. Setyo Budi, serta Kepala Disnaker Kabupaten Gresik Budi Raharjo. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO