Terima Dubes AS, Menkominfo Bicarakan Forum ITU dan Kerja Sama Digital

Terima Dubes AS, Menkominfo Bicarakan Forum ITU dan Kerja Sama Digital Menkominfo, Johnny G Plate, saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y Kim.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), , menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, . Dalam pertemuan selama kurang lebih satu jam itu, mereka membahas dukungan untuk kandidat Sekretaris Jenderal (Sekjen) (ITU) dan peluang kerja sama bidang digital.

“Hari ini saya didatangi oleh Duta Besar Amerika untuk Indonesia, kami membicarakan dan berdiskusi tentang kerja sama di sektor digital antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Termasuk di dalamnya mendiskusikan bagaimana kerja sama dan saling mendukung Indonesia dan Amerika Serikat di ITU,” ujarnya usai Bilateral Meeting di Kantor Pusat Ke, Jakarta Pusat, Senin (28/03/2022).

Menurut Johnny, kandidat yang diusung Amerika Serikat memiliki pengalaman yang baik, sehingga Pemerintah Indonesia memberi dukungan terhadap calon dari AS.

“Sebentar lagi kan ada pergantian . Amerika punya kandidat yang hebat, yang bagus, yang kami diskusikan dan kebetulan juga kita sudah mengenal dengan baik, dan kami Indonesia akan mendukung kandidat yang Amerika calonkan kalau boleh sebut namanya Doreen Bogdan-Martin,” tuturnya.

Menkominfo memaparkan, Pemerintah Amerika Serikat bakal memberi dukungan untuk Indonesia dalam forum-forum internasional.

“Kita memberikan dukungan kepada calon Amerika di ITU, di saat yang sama Amerika juga menyampaikan untuk kerjasama yang baik akan mendukung juga calon-calon Indonesia. Diantaranya Console Asia Pasific yang selama ini memang kita sudah duduk di console tersebut. Saya tadi mengusulkan juga kalau Amerika bisa mendukung Indonesia di Radio Regulation World,” paparnya.

Dalam pertemuan ini, Menkominfo dan membahas kerja sama antarkedua negara di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK), baik infrastruktur hulu atau upstream maupun infrastruktur hilir atau downstream.

“Kami membicarakan dan berdiskusi tentang kerja sama Indonesia dengan Amerika yang secara khusus, kerjasama Indonesia dan Amerika di sektor teknologi informasi dan komunikasi atau sektor digital,” kata Menkominfo.

Untuk kerja sama bidang digital, Johnny menyebut tidak ada pembahasan secara detail dan teknis, namun pembahasan lebih berkaitan dengan kebijakan antarkedua negara.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO