Gelar Sidak Takjil, Pemkot Kediri Temukan Boraks di Ongol-Ongol

Gelar Sidak Takjil, Pemkot Kediri Temukan Boraks di Ongol-Ongol Kepala Dinkes Kota Kediri, Fauzan Adima (kanan), bersama tim saat sidak penjual takjil. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri rutin menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap penjual takjil musiman di tepi jalan setiap Bulan Suci Ramadan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap masyarakat atas makanan dan minuman yang dijajakan.

Dalam sidak Rabu (6/4/2022) sore tadi, Pemkot dan menemukan kandungan boraks pada jajanan ongol-ongol. , mengatakan bahwa temuan itu didapati pada penjual takjil yang ada di tepi Jalan Hayam Wuruk,

“Dari 20 sampel yang kita ambil dan dilakukan pengujian langsung di lokasi, ada satu makanan yang positif boraks, yakni pada jajanan ongol-ongol,” ujarnya sembari menunjukkan kue tradisonal yang berwana abu kehitaman kepada awak media.

Ia menambahkan, kudapan yang positif boraks ini memiliki tekstur yang relatif lebih kenyal. “Teksturnya lebih kenyal dan tidak mudah hancur, lebih mudah untuk dipotong,” imbuhnya.

Mengetahui hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) , , segera melakukan pembinaan kepada penjual ongol-ongol. 

“Kami amankan bahan makanan (ongol-ongol) sekaligus memberikan edukasi dan pembinaan kepada penjual dan melakukan investigasi dari mana bahan bakunya didapat,” kata Fauzan.

Menurut dia, sidak perlu dilakukan lantaran terkadang pedagang tidak mengetahui secara pasti apakah bahan baku yang mereka gunakan aman atau tidak.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO