Perdana, Ribuan Warga Desa Kemiri Mojokerto Bersyukur Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

Perdana, Ribuan Warga Desa Kemiri Mojokerto Bersyukur Terima Sertifikat Tanah Program PTSL Ribuan warga Desa Kemiri antusias mengikuti program pembagian sertifikat PTSL.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga , , Kabupaten menerima sertifikat tanah dari program (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang digelar oleh pemerintah desa setempat, Ahad (10/4/2022).

Kepala Puthut Budi Santoso mengatakan, program itu merupakan yang pertama di desanya. "Sebelumnya tidak pernah ada," ujarnya di sela-sela meninjau pembagian sertifikat di Balai .

Menurutnya, program itu bisa turun setelah Pemdes Kemiri telah mengajukan proposal ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) untuk mendapat kuota.

Proposal itu ternyata dikabulkan. mendapatkan lebih dari 1.500 kuota . Dari kuota tersebut, jumlah pemohon mencapai 1.482 sampai 1.497 pemohon.

"Dan alhamdulillah semuanya clear. Kita dari pemerintah desa menyampaikan tentang hak-haknya yang kita bagikan kepada masyarakat dan warga masyarakat dapat menerima semua dan menjadi kesepakatan seluruh warga masyarakat," ujarnya.

Keberhasilan Pemdes Kemiri menggelar program itu sekaligus mementahkan kabar miring tentang adanya pungli yang dilakukan panitia kepada warga yang mendaftar . Informasinya, dugaan pungutan liar itu merupakan instruksi dari Pemerintah .

"Terbentuk tim atas dasar kesepakatan masyarakat, kita semua hanya mengawal, dan alhamdulillah hari ini semua bisa terealisasi dan mendapatkan sertifikat secara gratis dan cuma-cuma, masyarakat pun bangga," tegas Puthut.

Pembagian sertifikat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker dan menjaga jarak. Warga yang datang untuk mengambil sertifikat juga dibagi menjadi beberapa sesi, sehingga tidak sampai terjadi kerumunan. (ris/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO