Kehabisan Tiket KA Jelang Lebaran, PT KAI Imbau Calon Penumpang Manfaatkan Fitur ini

Kehabisan Tiket KA Jelang Lebaran, PT KAI Imbau Calon Penumpang Manfaatkan Fitur ini Ilustrasi penumpang kereta api.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Masa Angkutan Lebaran (Persero) telah ditetapkan pada H-10 hingga H+10 Lebaran, tertanggal 22 April s/d. 13 Mei 2022. Kendati demikian, Daop 9 telah menjual 78.316 tiket KA jarak jauh atau 45,2 persen dari total tiket yang disediakan, per tanggal 12 April.

Dengan tingginya minat perjalanan KA,Tohari selaku Pelaksana Harian Manager Humas Daop 9 mengimbau calon penumpang untuk memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access, yang dapat membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta dengan sifat persambungan, apabila kehabisan tiket.

"Minat masyarakat untuk mudik pada tanggal dan rute favorit memang cukup tinggi. Meski demikian, secara umum, tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Relasi relasi tertentu semisal Ketapang – Surabaya Gubeng atau – Surabaya Gubeng masih cukup tersedia,” ungkap Tohari.

“KAI akan memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 pada moda transportasi kereta api di tengah meningkatnya minat masyarakat untuk mudik lebaran 1443 H,” sambungnya.

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan. Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

Vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan KA Jarak Jauh juga menyediakan di Klinik Mediska . Hal tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara KAI dengan Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, dan Dinas Kesehatan setempat untuk mendukung program vaksinasi pemerintah. Ke depan, layanan tersebut juga akan KAI siagakan di berbagai stasiun untuk mendukung program vaksinasi pemerintah.

“Di Stasiun , Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalistail dan Probolinggo masih menyediakan pelayanan Rapid Test Antigen seharga 35 Ribu rupiah,” pungkasnya. (yud/bil/ari)

juga tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah yang sedang berlaku, yaitu sesuai SE Kemenhub Nomor 39 Tahun 2022:

1. Syarat Naik KA Jarak Jauh

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO