Luncurkan PT USU, Umsida Ekspor Perdana Tanaman Hias ke Amerika Serikat

Luncurkan PT USU, Umsida Ekspor Perdana Tanaman Hias ke Amerika Serikat Simbolis ekspor perdana tanaman hias saat launching PT USU, di Kampus 1 Umsida, Selasa (10/5/2022). Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berupaya mengembangkan dan menambah unit bisnis. Kali ini dengan mendirikan PT Umsida Sinergi Utama (USU) yang dilaunching secara resmi di Auditorium KH Ahmad Dahlan, Kampus 1 Umsida, Jalan Mojopahit, Selasa (10/5/2022).

Agenda tersebut bersamaan denga ekspor perdana 2.500 tanaman hias jenis Calladium ke Houston, Amerika Serikat. Launching unit usaha Umsida ini digelar di sela acara Halal Bi Halal karyawan, dosen, dan tenaga kependidikan Umsida.

Rektor Umsida, Hidayatulloh, mengatakan bahwa makna di balik tema halal bi halal yang diusung, merupakan bentuk semangat untuk menjadikan Umsida sebagai perguruan tinggi yang unggul, berdaya saing yang kuat, dan bernilai intelektual.

Ia menegaskan, Umsida berupaya untuk meningkatkan berbagai bidang, baik akademik serta meningkatkan catur dharma Muhammadiyah. Untuk itu, pihaknya terus mendorong peningkatan bagi dosen agar bisa mencapai kuota 50 persen bergelar doktor dan 70 persen bergelar lektor.

"Selain capaian rekognisi, maka Umsida selama dua tahun akan menambah tiga prodi baru, yaitu S2 ilmu komunikasi, S1 Fisioterapi, dan pembukaan S1 Kedokteran,” ujarnya.

Hidayatulloh juga menjelaskan, pengembangan di bidang non-akademik Umsida di antaranya dengan mendirikan unit bisnis berupa PT USU. Ia menambahkan, Umsida saat ini telah mengembangkan beberapa unit bisnis, seperti Surya Mart, Umsida Kuliner, layanan konsultasi psikologi, layanan fisioterapi, klinik kesehatan, lembaga sertifikasi profesi, dan agribisnis dengan tiga fokus utama yaitu fokus tanaman hias dan kultur jaringan.

Di kesempatan yang sama, Direktur PT USU, Hasan Ubaidillah, menyebut pendirian PT USU merupakan bentuk inisiasi dari peningkatan usaha komersial sekaligus diharapkan bisa menjadi pilar ekonomi baru secara internal di Umsida. Dengan demikian, pelayanan Umsida ke masyarakat lebih baik, tidak hanya di bidang pendidikan. 

Simak berita selengkapnya ...