KH Idrus Ramli: PCNU Cirebon “Jual" NU ke Syiah

KH Idrus Ramli: PCNU Cirebon “Jual" NU ke Syiah KH. Idrus Ramli

BANGSAONLINE.com - KH Idrus Ramli, Wakil Ketua Dewan Pakar Aswaja NU Centre Jawa Timur mengkritik keras Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cirebon yang dianggap telah ‘menjual’ NU kepada Syiah. Kritik itu disampaikan lewat jejaring social Facebook, Selasa (14/4/2015)

Pernyataan tersebut diungkapkan Kiai Idrus Ramli menyusul adanya seminar nasional wawasan kebangsaan bertema: “Kontribusi Syiah terhadap Islam Nusantara” yang terselenggara atas kerjasama Syiah Indonesia dengan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Cabang Cirebon.

Dalam facebooknya, Kiai Idrus juga memposting surat ijin terkait acara seminar tersebut.

Kiai Idrus Ramli yang selama ini dikenal sebagai tokoh Islam yang lantang menyuarakan ajaran Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) itu menyatakan bahwa sekte Syiah sejatinya telah divonis sebagai aliran sesat oleh para ulama pendiri NU, seperti Hadratusysyaikh Hasyim Asy’ari dan para ulama lainnya.

Dalam akun facebooknya, Idrus Ramli menulis:

"Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun"

"Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Cirebon telah menjual NU kepada Syiah yang telah disesatkan oleh para pendiri NU, Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari dan para masyayikh yang lain. Fitnah apa lagi ini. Semoga Allah menyadarkan mereka dan kembali ke Ahlussunnah Waljamaah, bukan Syiah dan bukan Wahabi. Amin.”

Pernyataan Idrus Ramli di atas spontan mendapatkan respon dari para netizen, yang menyayangkan tindakan pengurus PCNU Cirebon tersebut.

Sore tadi, BANGSAONLINE.com mengkonfirmasi kepada Kiai Idrus Ramli lewat telepon soal statusnya di Facebook tersebut. BANGSAONLINE.com bertanya, kenapa mengganggap PCNU Cirebon “menjual” NU kepada Syiah, padahal yang mengadakan seminar itu kan ISNU, bukan PCNU? “ISNU itu kan di bawah naungan (struktur) PCNU seperti lembaga yang lain. Berarti PCNU Cirebon gak jalan,” jawab Kiai Idrus Ramli.

Ia mengaku heran kenapa NU Cirebon memuji-muji kontribusi Syiah dalam Islam Nusantara. Padahal kini NU sedang mendapat serangan Syiah, HTI, Wahabi dan sebagainya. Kenapa NU Cirebon justeru membela Syiah sebagai sekte yang punya kontribusi terhadap perkembangan Islam Nusantara.

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO