Sudah Rekrut 1.800 Pekerja, Pemkab Gresik Berharap 60% Pekerja Smelter PT Freeport Warga Lokal

Sudah Rekrut 1.800 Pekerja, Pemkab Gresik Berharap 60% Pekerja Smelter PT Freeport Warga Lokal Inilah kondisi pengerjaan konstruksi Smelter PT FI di kawasan JIIPE, Manyar, Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Indonesia yang berada di Kabupaten Gresik diharapkan bisa merekrut tenaga kerja dari warga lokal. Harapan ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gresik Budi Rahardjo saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (1/5/2022).

"Kami berharap dari 1.000 orang pekerja yang dibutuhkan Smelter Freeport saat beroperasi, 60 persennnya terserap dari Kabupaten Gresik," ujarnya.

Budi mengaku telah berkomunikasi dengan PT Freeport soal rekrutmen warga Gresik. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Bupati Fandi Akhmad Yani dan manajemen Freeport, terkait keahlian yang dibutuhkan. 

"Nanti akan dibicarakan dengan Pak Bupati," tegas mantan kepala dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) ini.

Rencananya, Pemkab Gresik dan Freeport akan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian RI untuk mengadakan pelatihan guna mempersiapkan tenaga kerja dengan skill yang dibutuhkan.

"Nanti kita kerja sama dengan PLK (Pusat Latihan Kerja) Jawa Timur untuk memberikan pelatihan calon tenaga kerja sebelum dipekerjakan," terangnya.

Pelatihan tersebut di antaranya untuk tenaga las level 2, dan keahlian lain yang dibutuhkan. Menurut Budi, selama ini pelatihan seperti itu sudah berjalan. Baru-baru ini pihaknya mengirim 12 orang untuk ikut pelatihan las.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO