Pemprov Jatim Siapkan 1.276 Juru Sembelih Halal saat Iduladha 1443 H

Pemprov Jatim Siapkan 1.276 Juru Sembelih Halal saat Iduladha 1443 H Gubernur Khofifah saat memantau kesiapan hewan ternak dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha 1443 H.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jatim tengah melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha 1443 H. Gubernur Khofifah beserta jajarannya turut memperhatikan Rumah Potong Hewan sekaligus Juru Sembelih Halal (Juleha) selain tetap memantau perkembangan penyakit mulut dan kuku () di wilayahnya.

“Hingga hari ini, yang tercatat dalam Management Qurban, total di Jatim yang sudah memiliki pengetahuan Juru Sembelih Halal (Juleha) adalah 1.276 orang,” kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (5/6/2022).

Jumlah tersebut tersebar di berbagai pondok pesantren, masjid, mushola, dan lembaga di seluruh Jawa Timur. Mereka telah mendapatkan pelatihan, pengarahan dan juga sertifikasi.

Menurut Khofifah, kesiapan sarana dan prasarana seperti RPH dan Juleha-nya tidak kalah penting dibandingkan kesiapan hewan ternaknya. Masyarakat turut diminta untuk tidak resah dengan , sehingga higienitas dan kehalalan daging kurban menjadi keharusan sebagai bentuk langkah perlindungan kepada masyarakat.

“Bukan hanya hewan ternaknya yang harus disiapkan, tapi RPH-RPH dan Julehanya juga harus disiapkan dengan baik,” ujarnya.

Terkait jumlah Juleha di Jatim, gubernur mengatakan bahwa masih dan akan terus bertambah seiring dengan berbagai pelatihan-pelatihan yang sedang disiapkan lembaga Juleha Indonesia di Jatim.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO