Mengintip Pesona Kalimas Surabaya Lewat Wisata Susur Sungai

Mengintip Pesona Kalimas Surabaya Lewat Wisata Susur Sungai Pemandangan wisata susur sungai di Kalimas Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kota Pahlawan kini punya wisata air yang menjadi primadona, yakni Sungai Kalimas. Sungai yang berada di jantung Kota ini tampak cantik dengan suasana yang romantis. 

Pemkot tak lupa menata pinggiran sungai dengan sedemikian rupa. Bagi wisatawan yang berkunjung ke belum lengkap jika tak mencoba eksotisme Wisata Air Kalimas.

Di samping tampilannya yang romantis, konsep destinasi wisata air itu terbilang menarik karena dipadukan dengan kuliner, edukasi, belanja dan sejarah. Pengunjung bakal dimanjakan dengan sejumlah spot wisata pada sepanjang rute perjalanan.

Wali Kota , Eri Cahyadi, resmi membuka destinasi Wisata Air Kalimas untuk masyarakat pada Selasa (31/5/2022) lalu. Re-launching dilakukan pascasungai yang dulunya pernah menjadi pusat perdagangan itu direvitalisasi. 

"Pemkot akan terus menghidupkan Sungai Kalimas. Ini tidak hanya untuk meningkatkan potensi wisata tapi juga diharapkan meningkatkan ekonomi," ujarnya.

Hal yang menarik dari Wisata Air Kalimas ini penuh dengan nilai sejarah dan erat kaitannya dengan Kota . Dinamakan Kalimas karena pelayaran di sepanjang sungai ini dulunya membawa barang-barang berharga. 

Bahkan, pada zaman VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) Kalimas merupakan urat nadi perdagangan Kota . Selain menawarkan konsep baru wisata air, Pemkot juga melengkapinya dengan sejumlah hiburan yang bisa dinikmati. 

Mulai dari musik saksofon, berbelanja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pasar Apung, hingga pertunjukan live musik di atas perahu. Menariknya lagi, di sepanjang rute perjalanan wisata, pemkot mempercantik dengan cat dan lampion warna-warni.

“Setiap bawah jembatan juga kita cat warna-warni dan diberi lampu sorot. Sehingga ketika perahu yang dinaiki pengunjung itu melintas di bawah jembatan ada kesan berbeda,” kata mantan Kepala Badan Perencanaan Kota (Bappeko) ini.

Konsep destinasi wisata pun menghadirkan suasana seperti di Singapura hingga jelajah kanal mirip Venesia Italia. Makanya, Eri berharap kepada warga ke agar tak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand atau Italia untuk bisa menikmati wisata air.

“Hampir sama seperti Thailand, Singapore, dan Venesia (Italia). Tapi kita buat dengan ciri khas , dimana Kalimas ini bisa sebagai destinasi wisata dan transportasi air, jadi tidak perlu ke luar negeri, cukup ke ,” tuturnya.

Wali kota memastikan bahwa Pemkot sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas untuk mengondisikan air di Kalimas. Ketika musim kemarau tiba, pemerintah daerah setempat ingin pintu air Kalimas itu dibuka dan ditutup saat musim hujan.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO