Pesanggrahan Keramat Ki Ageng, Tempat Ritual Pernikahan Manusia dengan Kambing Ditutup

Pesanggrahan Keramat Ki Ageng, Tempat Ritual Pernikahan Manusia dengan Kambing Ditutup Sejumlah petugas saat berjaga di depan Pesanggrahan Keramat Ki Ageng, Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Gresik. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Aparat penegak hukum di Kabupaten bergerak cepat menindaklanjuti fatwa MUI yang mengatakan bahwa ritual pernikahan manusia dengan kambing ialah penistaan agama. Alhasil, Pesanggrahan Keramat Ki Ageng yang berada di Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, , ditutup.

Informasi itu beredar luas di media sosial, tampak petugas tengah berjaga di lokasi. Berdasarkan informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, Plt Camat Benjeng, Siti Solichah, mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

"Belum tahu kalau Pesanggrahan Keramat Ki Ageng ditutup. Ini baru tahu dari jenengan (anda)," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (10/6/2022).

Senada, Kepala Bakesbangpol , Nanang Setiawan, juga mengaku belum tahu saol penutupan Pesanggrahan Keramat Ki Ageng. Ia menuturkan, penutupan itu merupakan ranah APH (aparat penegak hukum).

"Karena pernikahan antara manusia dan kambing sudah dinyatakan MUI penistaan agama, maka ranahnya di APH. Makanya, kalau pesanggrahan ditutup ranahnya APH," kata Nanang.

Ia menyebut, pihaknya tak memiliki wewenang untuk penutupan. Namun, Bakesbangpol punya wewenang untuk mencegah terjadinya konflik.

"Misal ada kelompok masyarakat yang akan menyerang pesanggrahan, maka Kesbangpol yang bertugas untuk membantu mediasi," ucap mantan kepala dinas perhubungan Kabupaten ini.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres , Iptu Wahyu Rizki Saputro, menyatakan belum dapat informasi soal penutupan Pesanggrahan Keramat Ki Ageng yang diasuh anggota Fraksi Nasdem DPRD , Nur Hudi Didin Arianto, di Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng. 

"Belum dapat informasi. Saya cek dulu ke Kapolsek Benjeng," tuturnya singkat saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO