Kritik PTPN, Fraksi Gerindra Ajak BUMN Berkontribusi Konkret dalam Pengentasan Kemiskinan di Jatim

Kritik PTPN, Fraksi Gerindra Ajak BUMN Berkontribusi Konkret dalam Pengentasan Kemiskinan di Jatim Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait saat dialog dengan PTPN.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD Jawa Timur, Muhammad Fawait, mengajak badan usaha milik negara (BUMN) turut berkontribusi secara konkret mengentaskan kemiskinan di Jawa Timur. Pasalnya, wilayah sekitar perkebunan selama ini menjadi salah satu kantong kemiskinan.

Di sisi lain, wewenang gubernur sebagai kepala daerah dalam mengentaskan kemiskinan di sekitar daerah perkebunan sangat terbatas. Pasalnya, wilayah perkebunan menjadi kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini .

"Karena itu, kalau bicara kemiskinan di Jatim tak semata-mata tanggung jawab Bu Khofifah. BUMN juga punya tanggung jawab moral dalam usaha pengentasan kemiskinan di sekitar daerah perkebunan. Saya kira ini sesuai visi Presiden, yakni membangun Indonesia dari pinggiran," tegas Fawait, Selasa (14/06/2022).

Ia tak menampik adanya bantuan dari bagi masyarakat sekitar perkebunan melalui program CSR. Namun hal itu dinilainya masih belum maksimal lantaran bersifat sporadis, dan tidak simultan atau berkelanjutan.

Fawait menilai belum optimalnya program CSR lantaran pola berpikir BUMN masih seperti perusahaan swasta. Padahal, BUMN sebagai perusahaan pelat merah harus punya misi sosial kepada masyarakat di sekitar perkebunan.

Simak berita selengkapnya ...