Anak Kepala Samsat Jawa Timur Diduga Lakukan Penipuan Rekrutmen CPNS

Anak Kepala Samsat Jawa Timur Diduga Lakukan Penipuan Rekrutmen CPNS Surat perjanjian yang ditandatangani Kepala Samsat Jatim, berinisial SB, bersama anaknya ES, terduga penipuan rekrutmen CPNS.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kepala Samsat Jatim berinisial SB bersama anaknya ES (terlapor) diduga terlibat penipuan rekrutmen CPNS. Hingga kini, penanganan perkara itu belum menemui titik terang dan belum ada penetapan tersangka.

Warga Buduran, , RW (22) melaporkan hal tersebut ke SPKT Polresta sejak 16 Agustus 2021. Ia mengaku dipanggil penyidik Satreskrim Polresta untuk dimintai keterangan berkali-kali usai mengadukan perkara yang dialaminya.

"Terakhir dipanggil oleh penyidik Senin kemarin. Sampai saat ini, perkembangannya belum signifikan mas," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (15/6/2022).

RW memaparkan, dugaan keterlibatan SB dalam penipuan rekrutmen CPNS berawal saat ia mentransfer uang senilai Rp35 juta ke rekening atas nama ES. Korban menduga, uang itu diserahkan ke orang tuanya.

Pasalnya, lanjut RW, SB menyatakan menerima uang muka puluhan juta rupiah untuk biaya menjadi PNS di Dispenda . Hal itu terbukti dengan surat perjanjian yang ditandatangani mereka pada 30 Agustus 2019, dengan materai Rp6 ribu.

"ES dan SB menyatakan telah menerima uang sebesar Rp35,000,000,00. (tiga puluh lima juta rupiah) dari RW untuk biaya DP masuk pegawai negeri sipil bagian kasi di wilayah , Jawa Timur. jika ada tidak sesuainya pekerjaan tersebut dan tidak ditempatkan sesuai perjanjian di atas, kami akan mengembalikan uang secara utuh tanpa dipotong sama sekali, dan batas masuk kerja maksimal Agustus 2020, jika sampai bulan tersebut belum bekerja, uang akan dikembalikan secara utuh," tulis surat tersebut dan dikutip BANGSAONLINE.com. .

Korban hingga kini belum mendapatkan pekerjaan yang dijanjikan, uangnya juga tak dikembalikan. Sebelum melaporkan perkara itu ke Polresta , RW sempat mengingatkan ES untuk mengembalikan uangnya dan jika tidak, ia bakal melaporkannya.

tangkapan layar percakapan RW dengan ES

Sementara itu, Kasubsi PIDM Humas Polresta , Iptu Tri Novi Handono, sudah memberi keterangan dan berjanji untuk menuntaskan kasus penipuan rekrutmen CPNS ini pada Minggu (8/5/2022).(cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO