1.403 Sapi di Jember Terjangkit PMK

1.403 Sapi di Jember Terjangkit PMK Salah satu peternak di Jember saat mengevakuasi seekor sapi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi B DPRD , Nyoman Ariwibowo, mengatakan bahwa penyakit mulut dan kuku () pada hewan di wilayahnya meningkat. Ia meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) untuk segera bertindak.

"Memang ada peningkatan, hasil laporan dari gugus tugas Provinsi Jawa Timur ada peningkatan yang sangat signifikan, hewan yang terjangkit sudah mencapai 1.403 ekor," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (17/6/2022).

Ia menuturkan, ribuan kasus itu tersebar di hampir semua kecamatan yang ada di Kabupaten . Hanya beberapa Kecamatan yang dianggap masih aman dari paparan wabah yang menyerang ternak ini.

"3 kecamatan lainnya masih aman, yakni di Kecamatan Kaliwates, Arjasa dan Jelbuk," tuturnya.

Menurut Nyoman, distribusi obat untuk cukup lambat karena cukup sulit untuk mendapatkannya. Hal tersebut juga berkaitan dengan merebaknya penyakit itu di Indonesia.

"Obat harus segera diberikan. Tetapi saat ini obat masih susah, karena terjadi di beberapa daerah bukan hanya di saja," ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya menginginkan agar obat segera terdistribusi kepada masyarakat yang memiliki sapi dan terpapar . Oleh sebab itu, ia mengaku akan segera memanggil DKPP untuk menindaklanjuti persoalan ini. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO