Majelis Sastra Urban: Kantong Sastra Surabaya Ada di Kampus

Majelis Sastra Urban: Kantong Sastra Surabaya Ada di Kampus Dok. Majelis Sastra Urban sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rata-rata sastrawan Surabaya berasal dari kampus. Hal itu diungkapkan Nanda A Rahmah, Anggota Tim Kreatif .

Menurutnya, Surabaya memang berbeda dibanding kota-kota lain. Di Surabaya, kampus menjadi ladang subur munculnya sastrawan baru. Sebab, kampus kerab menjadi tempat diskusi sastra hingga pembacaan .

"Di kampus mereka memulai atau mematangkan proses kreatif. Status mahasiswa membuka luas penjelajahan eksplorasi sastra sebagai bagian dari kerja intelektual. Infrastruktur dan situasi kampus turut menunjang pula," ucap  muda asal Surabaya tersebut, Sabtu (25/6/2022).

Adapun kampus-kampus di Surabaya yang merupakan penghasil sastrawan, menurut Nanda, antara lain Unair, UINSA, Unipa, Unesa, UMS, Unusa, STKW, AWS, serta kampus lainnya.

Karena itu, pihaknya berupaya memberi kesempatan mahasiswa yang memiliki minat ataupun hobi menulis sastra melalui . Termasuk mahasiswa yang bergiat di bidang seni, turut difasilitasi. Sehingga, mereka mendapatkan wadah untuk bereksplorasi, sharing gagasan, untuk mematangkan kreativitasnya.

"Kerap kali, itu menjadi tempat pertama mahasiswa membacakan ataupun menjadi narasumber di hadapan publik. Bertemu audiens umum. Sebelumnya mereka hanya berkutat di kampus atau di ruang maya," kata Nanda yang kebetulan memulai kean di ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO